Bhabinkamtibmas Desa Sempan Bripka Nomo Pratomo, Sang Penggagas Sedekah Sampah

Bhabinkamtibmas Desa Sempan Bripka Nomo Pratomo, Sang Penggagas Sedekah Sampah

Bhabinkamtibmas Desa Sempan Bripka Nomo Pratomo saat mengambil sampah. Anggota Polri Polsek Pemali menggalang sedekah sampah layak jual untuk membantu sesama.-TRI HARMOKO/BABEL POS-

 

“Peran Pak Bhabinkamtibmas ini dak bisa lagi dibicarakan. Ini bukan memuji, beliau mengambil dan menjemput sampah. Tidak sekedar posting, tapi kerja nyata. Bukan cari sensasi, Pak Bhabin sampai mengambil barang bekas di belakang rumah, di kebun orang tanpa rasa gengsi dan malu, hanya ada rasa peduli. Gerakannya telah menularkan orang bersedekah,” kisah Bang Ipin. 

 

GIS Sampah Terus Berlanjut

GIS sampah kerja keras Bhabinkamtibmas Desa Sempan Bripka Nomo telah menyalurkan paket bantuan ribuan kali dalam tiga tahun sekali. Bila dinilai dengan uang bantuan yang disalurkan totalnya telah ratusan juta rupiah. 

 

Bagi Bripka Nomo, GIS sampah harus berlanjut. Penting baginya untuk mengurangi pola pikir negatif soal label mencari keuntungan dalam GIS sampah maupun label sebagai gerakan sia-sia. Mengingat perjalanan awal GIS sampah yang kala itu untuk membeli sarapan bagi relawan penjemput sampah saja tak cukup dari jualan sampah, rasanya rugi berhenti. 

 

Di sisi lain ia menganggap program seperti GIS sampah merupakan cara dirinya sebagai anggota Polri untuk lebih dekat dengan masyarakat. GIS sampah akan terus ia perjuangkan.

 

“Agar dapat memperpendek jarak polisi dengan masyarakat bahkan menghilangkan jarak dan “jurang” pemisah polisi dengan masyarakat itu. Saya berharap program GIS sampah ini terus berlanjut, meski mungkin saya tidak lagi jadi anggota Bhabinkamtibmas di desa ini,” kata Bripka Nomo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: