Konter Jasa Top Up Jangan Sampai Tertipu, Ini Tips dari Polres Bangka

Konter Jasa Top Up Jangan Sampai Tertipu, Ini Tips dari Polres Bangka

AKP Rene Zakharia--Tri

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Polres Bangka meminta masyarakat khususnya pelaku usaha konter jasa top up dan transfer untuk waspada dan teliti. Pasalnya, ada pelaku kejahatan yang berpura pura top up dan transfer namun melarikan diri tanpa membayar transaksinya. 

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Bangka untuk berhati-hati dan lebih teliti lagi. Apabila memang ada orang orang yang top up apakah mengisi akun dana, transfer ataupun aplikasi lainnya agar berhati-hati. Sebab sekarang sudah banyak modus pura-pura mengisi top up baik itu Dana, Ovo dan sebagainya namun para pelaku tidak membayar," kata Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya melalui Kasat Reskrim AKP Rene Zakharia, Minggu (7/5). 

BACA JUGA: Ikal dan Putri, Kisah Pengantin Baru, Demi Uang Sepakat Tipu-Tipu 'Open BO'

Ia menyatakan, sudah ada beberapa konter jasa top up dan transfer di wilayah hukum Polres Bangka yang tertipu. Ketika pelaku melakukan transfer langsung dilayani tanpa meminta uangnya terlebih dahulu diserahkan.

Apes, setelah akun dompet digital di top up ataupun rekening bank ditransfer pelaku lantas kabur dengan berbagai alasan. Hal ini menyebabkan pemilik usaha konter jadi merugi. 

"Untuk itu kita meminta masyarakat Kabupaten Bangka berhati-hati karena sudah ada yang menjadi korban penipuan khususnya untuk penipuan top up. Sebaiknya uangnya diambil dahulu, kalau ada uangnya baru kita melakukan top up. Jangan kita sudah top up, uangnya belum kita terima," tegasnya. 

BACA JUGA:Terjebak Judi, Pria di Sungailiat Ini Tipu Konter Hingga Bobol Warkop

Pihaknya juga telah mengamankan satu pelaku yang sempat beraksi penipuan top up di konter. Namun tidak menutup kemungkinan masih ada pelaku lainnya yang melakukan penipuan dengan dalih top up ataupun transfer. 

Sementara itu, beberapa waktu lalu salah satu pelaku yang diamankan Polres Bangka melalui Tim Kelambit (Opsnal) Satreskrim terkait penipuan top up dana. 

Pelaku merupakan seorang pria asal Sungailiat inisial MRP alias Ed (26) yang melakukan penipuan dengan modus top up akun dompet digital Dana. 

BACA JUGA:Merasa Ditipu Dalam Pengurusan Surat Mobil, Andri Polisikan Kenalannya

Penangkapan Ed dilakukan Tim Kelambit yang dipimpin Aipda Hendra Yadi pada Kamis (27/4) ketika sedang berada di kediamannya. Ed mengaku melakukan top up Dana senilai Rp3 juta di konter dekat perumahan Griya Arwana Airruai. 

Setelah top up, Ed pergi dengan alasan mengambil dompet yang ketinggalan namun tak kunjung kembali. Ed juga mengaku sempat beraksi serupa di dua konter lainnya di Sungailiat namun pemilik konter yang mengetahui kediamannya meminta pergantian kembali uang top up.

Beberapa bulan lalu juga aksi serupa dilakukan seorang warga yang melakukan top up Dana di salah satu konter Kecamatan Belinyu. Pelaku Md (33) tersebut telah diamankan Tim Kelambit pada Januari silam yang kini telah menjalani proses hukum.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: