Pesawatnya Mengalami Kendala di Pangkalpinang, Ini Penjelasan Lion Air

Pesawatnya Mengalami Kendala di Pangkalpinang, Ini Penjelasan Lion Air

Ilustrasi Lion Air --JPNN.com

Kru yang bertugas menurutnya sudah memberitahu seluruh penumpang secara jelas dan akurat, sebagai upaya memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi penumpang.

"Setelah pesawat berada pada tempat parkir, awak kabin memberikan instruksi kepada seluruh penumpang kembali ke ruang tunggu di terminal bandar udara sampai mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut. Hal ini dijalankan untuk menjamin bahwa penumpang tetap berada dalam kondisi yang aman dan nyaman, sambil menunggu keputusan selanjutnya," tambahnya.

Ditambahkan Danang, setelah dilakukan pengecekan pada area kargo pesawat, ditemukan perbaikan yang membutuhkan waktu signifikan dan tidak dapat dikerjakan secara cepat dan instan.

Kemudian Lion Air memutuskan untuk mendatangkan pesawat pengganti yaitu Boeing 737-800NG registrasi PK-LJW dari Jakarta.

Langkah ini diambil guna memastikan bahwa penerbangan dioperasikan secara aman dan nyaman.

"Pengiriman pesawat pengganti membutuhkan waktu yang cukup signifikan, langkah alternatif ini bertujuan memastikan bahwa pesawat yang digunakan pada penerbangan selanjutnya dalam keadaan baik dan aman," jelasnya.

Lion Air kemudian menerbangkan kembali penerbangan JT-142 pukul 14.25 WIB dari Bandar Udara Depati Amir dan dijadwalkan mendarat pukul 15.10 WIB di Bandar Udara HAS Hanandjoedin.

Namun kondisi cuaca yang kurang baik dengan jarak pandang yang pendek di Tanjungpandan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan. Dalam kondisi tersebut, pilot memutuskan untuk kembali ke Pangkalpinang (return to base/ RTB) setelah mencoba melakukan pendaratan di Tanjungpandan.

"Keputusan pilot adalah tindakan yang tepat dan berdasarkan protokol keselamatan penerbangan," ujarnya.

Setelah pesawat mendarat kembali di Pangkalpinang pukul 15.50 WIB, Lion Air melakukan pengecekan dan koordinasi kepada pihak pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara dan lainnya yang terkait sebelum penerbangan selanjutnya.

Setelah mendapatkan informasi bahwa bandar udara tujuan di Belitung aman untuk proses penerbangan, Lion Air kembali terbang dari Pangkalpinang pukul 16.50 WIB dan mendarat di Bandar Udara HAS Hanandjoedin Tanjungpandan pukul 17.20 WIB. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: