18 WBP Lapas Pangkalpinang Ikuti Lomba LKBB HBP Ke-59

18 WBP Lapas Pangkalpinang Ikuti Lomba LKBB HBP Ke-59

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Sebanyak 18 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pangkalpinang (Lapas Pangkalpinang) mengikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) antar warga binaan di seluruh Indonesia yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023.

Lomba LKBB yang bertemakan "Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju ini diikuti oleh seluruh Lapas/Rutan se-Indonesia dengan sistem daring.

LKBB merupakan salah satu dari sekian perlombaan antar warga Binaan yang digelar Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) semarakkan HBP Ke- 59. Nantinya setiap satuan kerja mengirimkan video LKBB berdurasi maksimal 10 menit kepada Kantor Wilayah (Kanwil), untuk diteruskan ke tingkat pusat.

Pemenang LKBB akan ditampilkan pada acara puncak peringatan HBP ke-59 pada Mei mendatang. Kriteria penilaian meliputi kekompakan, kostum yang dikenakan dan pengambilan audio atau video.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik) Lapas Pangkalpinang, Adam Ridwansyah di sela-sela kegiatan memberikan semangat dan motivasi kepada Warga Binaan yang mewakili Lapas Pangkalpinang dalam ajang LKBB ini.

Pada dasarnya, kata Adam, pembinaan kepribadian melalui PBB rutin dilaksanakan di Lapas Pangkalpinang sebagai saranan pendisiplinan WBP serta pemberian wawasan berbangsa dan bernegara.

"Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai upaya evaluasi dari hasil pembinaan yang ada. Tetap semangat dan tampilkan yang terbaik, mudah-mudahan kemenangan bisa didapat," tutur Adam, Kamis (27/4/2023).

Dengan menggunakan seragam lapangan Pramuka, 18 warga binaan yang ikut LKBB ini pun terlihat antusias dan bersemangat.

“Kegiatan ini wujud latihan fisik yang menerapkan kedisiplinan, tanggung jawab, konsentrasi dan fokus, sangat positif bagi Warga Binaan yang mengikuti LKBB. Saya sangat mengapresiasi dan yakin Warga Binaan Lapas Pangkalpinang mampu menjadi yang terbaik," sambung Plh Kepala Lapas Pangkalpinang, Dodi Wijaya.

Lanjut Dodi, warga binaan yang mengikuti LKBB ini juga tergabung dalam program pembinaan kepribadian Pramuka.

"Upaya Lapas Pangkalpinang mewujudkan fungsi pembinaan yang efektif, di mana warga binaan diharapkan memiliki pola pikir yang berkarakter baik, tanggung jawab dan cinta tanah air," terang Dodi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: