Pertama Kali di Desa Tiram, Sambut Lebaran dengan Pawai obor dan Takbiran Keliling

Pertama Kali di Desa Tiram, Sambut Lebaran dengan Pawai obor dan Takbiran Keliling

Pawai obor dan takbiran keliling yang digelar Karang Taruna Desa Tiram menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Sejarah baru bagi Desa Tiram Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Menyambut datang hari raya Idulfitri 1444 Hijriah, Karang Taruna Desa Tiram menyelenggarakan pawai obor dan takbiran keliling desa pada Jumat (21/4).

Ketua pelaksana, Fahmi Aufa menyampaikan, pawai obor sekaligus takbiran keliling kampung merupakan sebuah tradisi dalam menyambut hari raya Idulfitri dan hari besar Islam lainnya.

"Tujuan kegiatan ini tentunya untuk melestarikan budaya, tradisi dan syi'ar Islam," ungkapnya.

Dikatakan Fahmi, pawai obor sekaligus takbiran keliling kampung merupakan pertama kalinya ataupun sebuah sejarah baru di Desa Tiram.

"Walaupun pertama kalinya kegiatan ini, tetapi antusias masyarakat serta anak-anak sangat banyak sekali," tuturnya.

Kegiatan ini diakuinya memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat. Karenanya dia berharap dapat terus dilaksanakan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Tiram Sumantri menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini tentunya dapat meningkatkan kebersamaan untuk kemajuan Desa Tiram tanpa membedakan suku, golongan, atau kelompok tertentu.

"Selain itu agar dapat berinovasi memberikan ide-ide serta menjalin kebersamaan dan kekompakan sehingga bisa menyatukan seluruh elemen masyarakat Desa Tiram dalam menyambut hari raya Idulfitri 1444 H," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: