Perpusnas RI Tunjuk Basel Jadi Penyelenggara Inkubator Literisasi

Perpusnas RI Tunjuk Basel Jadi Penyelenggara Inkubator Literisasi

Rapat persiapan Inkubator Literasi yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bersama PWI Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kabupaten Bangka Selatan satu-satunya daerah di Babel yang ditunjuk oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) sebagai penyelenggara kegiatan Inkubator Literisasi pada bulan Mei mendatang.

Kegiatan lomba menulis ini melibatkan organisasi seperti PWI, GPMB serta pegiat literisasi yang ada di Basel, dengan mengusung tema "Menggali Kearifan Lokal, Menguatkan Identitas Daerah”.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Basel Sumadi mengatakan, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ditunjuk langsung oleh Perpusnas RI melaksanakan giat Inkubator Literisasi.

Dikatakan Sumadi, pada lomba menulis Inkubator Literasi ini karya penulis akan diseleksi menjadi 15 peserta, mereka akan mendapatkan materi lanjutan yang langsung ditunjuk oleh Perpusnas RI.

"Kepada pemenang nanti karya mereka akan dibukukan oleh Perpusnas RI serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Menyiapkan hal ini pihaknya juga sudah menggelar rapat kecil bersama PWI dan GPMB karena kegiatan ini akan diselenggarakan pada pertengahan Mei mendatang.

"Mengenai persyaratan serta nanti segera mungkin akan kami umumkan ke masyarakat Basel," ucapnya.

Ia berharap melalui Inkubator Literasi Pustaka Nasional 2023 ini, indeks literasi di Basel meningkat serta semangat membaca dan menulis masyarakat Junjung Besaoh terus terdongkrak.

"Terima kasih kepada PWI Basel yang secara langsung menjemput Bola ke Perpusnas RI sehingga Basel ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan Inkubator Literisasi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Basel Deddy Irawan menyampaikan, literisasi yang mereka gaungkan terus menerus ternyata terpantau langsung oleh pihak Perpusnas RI. 

"Kita ini bukan lagi sebatas narasi tetapi sudah melakukan aksi literasi sehingga mereka Perpusnas RI mempercayakan Basel menggelar kegiatan Inkubator Literasi,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: