Jalan 8 Ribu Langkah Sehari, Ini Manfaatnya Buat Kesehatan

Jalan 8 Ribu Langkah Sehari, Ini Manfaatnya Buat Kesehatan

Ilustrasi jalan kaki-- disway.id

BABELPOS.ID – Anda malas berjalan dan lebih memilih berkendara? Sebaiknya dipikirkan kembali. Karena ternyata berjalan kaki punya banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Sebuah studi menunjukkan bahwa berjalan kaki hingga 8 ribu langkah bermanfaat untuk mengurangi risiko kematian dini.

Melansir sebuah penelitian yang dirilis Selasa, 28 Maret 2023, Agence France-Presse menulis bahwa 8 ribu langkah atau sekitar 6,4 kilometer itu harus dilakukan satu atau dua kali seminggu.

Penelitian itu dilakukan tim dari Universitas Kyoto dan Universitas California, Los Angeles. Mereka mengumpulkan data dari 3.100 orang dewasa di Amerika. Hasilnya lantas diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open.

Di situ terlihat bahwa mereka yang berjalan 8 ribu langkah dalam satu-dua kali seminggu, punya risiko kematian dini rendah dalam jangka waktu sepuluh tahun. Yakni, 14,9 persen. Sedangkan orang yang malas bergerak akan punya risiko kematian dini lebih tinggi. Jika olahraga itu ditambah intensitasnya, misalnya menjadi tiga kali seminggu atau tujuh hari penuh, risiko juga makin drop.

 BACA JUGA:Sebelum Olahraga Baiknya Makan Pisang Dulu, Ini Manfaatnya

Prinsip penelitian itu adalah menganalisis data langkah harian para responden dalam kurun 2005-2006. Setelah itu, periset memeriksa data kematian responden itu 10 tahun kemudian. Hasilnya, 623 orang tidak rutin berjalan 8 ribu langkah. Lalu, ada 532 orang yang berjalan 8 ribu langkah satu sampai dua kali seminggu. Sedangkan 1.937 lainnya berjalan rutin tiga sampai tujuh kali seminggu.

“Jika menjalani 8 ribu langkah secara intensif, risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung akan lebih kecil," tulis para peneliti. "Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa orang-orang dapat memperoleh manfaat kesehatan yang besar hanya dengan berjalan yang dilakukan beberapa hari dalam seminggu," tambahnya.

 BACA JUGA:Tahukah Anda? Ternyata Sujud Bantu Alirkan Darah Berisi Nutrisi Pada Otak

Delapan ribu langkah memang terlihat banyak dan melelahkan. Namun jika dilakukan dengan santai, seringkali tidak akan terasa. Bahkan bisa melebihi 8 ribu langkah.

Menurut klinik Mayo, rata-rata orang Amerika berjalan sebanyak 3 ribu langkah sehari untuk melakukan kegiatan rutin. Hal itu sudah dapat mengurangi resiko penyakit jantung, obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan depresi.

Manfaat berjalan sebanyak 8 ribu langkah bagi kesehatan sangat terlihat, terutama pada orang-orang yang sudah berumur 65 tahun ke atas.

So, jangan tunda lagi. Yuk, jalan kaki! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id