Pemadaman Listrik Jelang Ramadan, BPJ Hubungi Dua Direktur PLN, Ini Penjelasannya

Pemadaman Listrik Jelang Ramadan, BPJ  Hubungi Dua Direktur PLN, Ini Penjelasannya

Bambang Patijaya--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemadaman listrik jelang Ramadan di Pulau Bangka, direspon Anggota DPR RI Bambang Patijaya.

BPJ -sapaanya- mengaku langsung menelpon dua direktur PLN Pusat untuk menanyakan masalah dan kendala yang sedang dialami PLN sehingga terjadi pemadaman listrik bergilir di Pulau Bangka

"Saya melakukan pengecekan kepada dua direktur pusat PLN, yang pertama Edi Priyanto selaku Direktur retail PLN menanyakan kenapa terjadi pemadaman listrik di Bangka Belitung dan informasinya ada tower yang roboh," kata BPJ kepada awak media pada Selasa, 21 Maret 2023.

BACA JUGA:PLN Respon Cepat, Ratusan Petugas Diturunkan untuk Pemulihan Kelistrikan Bangka Pascagangguan

Kemudian, ia menghubungi Direktur Transisi PLN Evi Haryadi untuk menanyakan lebih detail soal permasalahannya. Ia mendapatkan penjelasan bahwa terdapat 5 tower yang rubuh.

"Dalam komunikasi saya dengan EVi Hariyadi ia bilang begini, mohon maaf sebelumnya atas gangguan rubuhnya 5 tower transmisi karena cuaca buruk semalam. Saat ini tim pertama sudah di lokasi untuk melakukan pembangunan emergency tower (ERS) 1 dan tim lainnya (ERS 23, dan 4) sedang menuju ke lokasi untuk nantinya berusaha memulihkan 1 sirkit terlebih dahulu suplai ke Babel," ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam proes pemulihan juga sedangkan dilakukan bantuan pembangkit mobil dari PLN Batam. Selain itu, informasi yang ia terima bahwa sudah ratusan personil yang turun ke lapangan dalam upaya pemulihan kelistrikan suplai pulau Bangka.

"Saat ini sudah dikerahkan bantun hampir 400 an personil dari seluruh area Sumatera dan Jabar serta bantuan yiang emergency dari Bangka, Lampung, Pacitan, Cilegon dan Pematang Siantar," jelas BPJ berdasarakn informasi yang diterima dari GM PLN Babel Ajrum Karim.

BACA JUGA:Tower Roboh Di Jalur Kenten-Tanjung Api-api Berdampak Padamnya Listrik di Pulau Bangka

BPJ juga mempertanyakan hujan lebat dan cuaca buruk bisa membuat tower PLN seketika roboh begitu saja.

"Saya juga mempertanyakan soal penyebab robohnya tower PLN ini, apakah hanya karena cuaca buruk bisa roboh, atau ada persoalan lain seperti misalnya ada oknum yang merusak tower dengan melepas semua baut tower itu atau bagaimana?" cetusnya.

Ketua DPD Partai Golkar Babel ini mengingatkan pihak PLN agar hal ini jangan sampai terjadi lagi. Pasalnya ia mendapat informasi tahun lalu juga terjadi pemadaman listrik bergilir dengan kasus yang sama. 

BPJ berharap robohnya tower ini bisa segera diatasi agar tidak mengganggu masyarakat muslim Bangka menjalankan ibadah puasa.

"Harapannya persoalan robohnya tower segera diatasi, sehingga tidak menggangu ibadah puasa umat muslim dan pelayanan PLN pun bisa dapat menunjang dan membantu kelancaran umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini," harapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: