Tahun 2023, Pemkab Bateng Targetkan Vaksinasi PMK Sebanyak 4118 Dosis

Tahun 2023, Pemkab Bateng Targetkan Vaksinasi PMK Sebanyak 4118 Dosis

Bupati Algafry Rahman saat memimpin kick off vaksinasi booster PMK. --

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) di Tahun 2023 ini telah menetapkan target vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 4.118 dosis.

Hal ini disampaikan langsung Bupati Kabupaten Bateng, Algafry Rahman kepada babelpos.id pada Selasa (14/3/2023).

"Saya mengharapkan kerjasama dari instansi dan stakeholder terkait untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi PMK tahun 2023 yang sudah dimulai sejak kemarin," ujar Algafry.

BACA JUGA:Kini, Babel Nihil Kasus PMK Hewan

Kata Dia, keberhasilan penanggulangan wabah PMK juga didukung oleh sumber daya manusia yang telah dilatih mengikuti bimbingan teknis vaksinasi PMK, terdiri dari medik veteriner, paramedik veteriner, serta petugas peternakan dan kesehatan hewan lain di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bateng. 

"Petugas yang telah terlatih ini, diharapkan mampu untuk melakukan vaksinasi PMK pada hewan ternak yang sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) yang berlaku," tuturnya.

BACA JUGA:Sapi PMK di Bateng Sisa 60 Ekor, Dinas Pertanian Pastikan Stok Kurban Aman

Dikatakan Algafey, kegiatan penanggulangan PMK yang telah dilakukan terbukti dapat mencegah tersebarnya wabah PMK.

"Jika dilihat dari total populasi sapi di Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2021 sebanyak 6.330 ekor dengan, adanya wabah PMK pada Tahun 2022 tidak menurunkan populasi sapi, bahkan populasi sapi meningkat menjadi 6.650 pada Tahun 2022," terangnya.

"Peningkatan populasi sapi merupakan indikasi keberhasilan capaian program penanggulangan wabah PMK di Kabupaten Bangka Tengah," tambahnya.

BACA JUGA:PMK Mengintai, Dinas Pertanian Bateng Keluarkan Pedoman Baru Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban

Ia pun berharap vaksinasi PMK 2023 dapat berjalan dengan lancar dan kegiatan yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi semua. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: