Ridwan Djamaluddin Masih Berpeluang

Ridwan Djamaluddin Masih Berpeluang

Ridwan Djamaluddin --

Sementara itu, usulan 3 nama yang diminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk calon Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel) pengganti Ridwan Djamaluddin ditetapkan DPRD, lewat rapat pimpinan dan fraksi pada Rabu (8/3) kemarin. 

Tiga nama itu, KA Tajuddin, Naziarto dan Yan Megawandi. Rapat dipimpin Ketua DPRD Babel H Herman Suhadi sendiri berlangsung cukup alot. Hal ini berkaitan sosok yang tepat memimpin pemerintahan provinsi berdasarkan kepangkatannya yang diatur peraturan perundang-undangan 

Penentuan tiga nama itu telah disepakati, dan segera disampaikan ke Kemendagri. Tampak hadir juga dalam rapat tersebut, Wakil Ketua DPRD Hendra Apollo, Wakil Ketua DPRD Beliadi, Ketua Fraksi Gerindra Ferdiyanyah, Ketua Fraksi PKS Aksan Visyawan, Ketua Fraksi Nasdem Agung Setiawan. 

Usai rapat, Ketua DPRD Babel H Herman Suhadi berharap, bahwa usulan yang disampaikan ke Kemendagri benar-benar menjadi bahan pertimbangan Presiden RI Joko Widodo untuk menentukan seorang Pj Gubernur Babel yang ditugaskan memimpin Pemprov hingga ada kepala definitif hasil pemilihan pada 2024. 

Layaknya isyarat, bahwa DPRD Babel menginginkan tiga nama yang diusulkan ini tidak hanya sekedar untuk memenuhi mekanisme penunjukan Pj Gubernur. Akan tetapi benar-benar menjadi rujukan Presiden. 

"Semoga ada (dipilih dari) nama yang kita usulkan ini," ungkap Herman kepada sejumlah wartawan. 

Urutan ketiga nama ini ditegaskan Herman, bukan berdasarkan prioritas. Melainkan berdasarkan abjad depan nama yang bersangkutan. Penentuan calon ini berdasarkan kepangkatan yakni pimpinan tinggi madya atau yang setara, seperti sekretaris jenderal kementerian, sekretaris kementerian, sekretaris utama dan lainnya atau sekretaris daerah atau pun yang setara. 

"Jadi urutan nama ini bukan (skala) prioritas ya, jangan salah tafsir. Ini berdasarkan abjad nama. Ketiga nama ini juga berdasarkan telaah dan invetarisir kami berdasarkan kepangkatan untuk dicalonkan sebagai Pj Gubernur Babel. Ada lima nama tadi yang dibahas. Selain tiga nama itu, ada RD dan RRS," tuturnya. 

RD sendiri tampaknya inisial Ridwan Djamaluddin, Pj Gubernur Babel aktif saat ini sekaligus Dirjen Minerba di Kementerian ESDM RI. Sementera RRS, tampaknya inisial nama dari Rasio Ridho Sani yang merupakan Dirjen Penegakkan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK). 

"Siapa pun Pj Gubernur Babel selanjutnya, kami berharap bisa memakmurkan Babel masyarakat,” ucap Herman.

Tiga nama calon Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel) pengganti Ridwan Djamaluddin versi DPRD Babel telah ditetapkan. 

Tiga nama itu, KA Tajuddin, Naziarto dan Yan Megawandi berdasarkan kesepakatan rapat pimpinan dan fraksi yang dipimpin Ketua DPRD Babel, H Herman Suhadi, Rabu (8/3). 

Ini ke 3 Kandidat itu?

Diketahui bersama, tiga nama ini tidak asing di telinga publik. KA Tajuddin saat ini penjabat eselon I aktif dan menjabat Deputi di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Tajuddin mengawali karir birokrasi sebagai PNS di Pemerintah Kabupaten Bangka. Ia sempat menjabat Kabag Hukum Setda Bangka di era Bupati Eko Maulana Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: