Antisipasi Penumpang Gelap, Sat Polair Polresta Pangkalpinang Rutinkan Patroli di Jalur Tikus

Antisipasi Penumpang Gelap, Sat Polair Polresta Pangkalpinang Rutinkan Patroli di Jalur Tikus

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Satuan Polisi Air (Sat Polair) Polresta Pangkalpinang rutin melaksanakan patroli di jalur tikus di kawasan pesisir dermaga Ketapang, Selasa (7/3/2023). 

Menurut Kasat Polair Polresta Pangkalpinang, AKP Irwan Haryadi, patroli tersebut dilakukan guna mengantisipasi keluar masuknya penumpang gelap di wilayah hukumnya. 

"Kegiatan patroli setiap hari kita laksanakan, selain mengantisipasi penumpang gelap, dalam patroli ini kita juga mengimbau kepada para nelayan, ABK kapal ikan ekspor atau lokal agar tidak membawa penumpang sesuai manifest kapal," ujar Irwan kepada Babel Pos usai patroli. 

Lanjut Irwan, dalam patroli ini pihaknya juga meminta kepada masyarakat khususnya para nelayan yang kerap beraktivitas di laut, untuk dapat melaporkan ke Polresta Pangkalpinang jika menemukan adanya indikasi tindakan atau kegiatan ilegal.

"Selama kegiatan patroli dermaga jalan tikus aman terkendali, tidak ditemukan penumpang gelap maupun kapal tanpa ijin yang keluar masuk dermaga. Kami juga minta nelayan waspada terhadap orang yang tidak jelas identitasnya dan pekerjaannya, serta segera menginformasikan kepada aparat kepolisian jika mencurigai adanya tindak pidana yang terjadi," jelasnya. 

Menurut Irwan, jalur tikus memang kerap sekali dijadikan sebagai jalur alternatif untuk berbuat tindakan ilegal atau melanggar hukum. 

Sebagai Kasatpol air, hal itu diakuinya susah menjadi tugas dan kewajibannya dalam menjaga keamanan di wilayah pesisir pantai atau dermaga khususnya yang berada di wilkum Satpolair Polresta Pangkalpinang

"Kita akan terus berupaya menjaga wilkum kita dari tindakan ilegal. Untuk dalam patroli ini kami juga mengajak masyarakat pesisir untuk bekerjasama mengantisipasi terjadinya tindakan atau kejahatan ilegal," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: