Setahun Menuju Pemilu, Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan

Setahun Menuju Pemilu, Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan

Apel siaga pengawasan yang digelar Bawaslu Babel.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemilihan Umum tahun 2024 akan berlangsung di tanggal 14 Februari tahun depan. Momentum ini, dijadikan Bawaslu seluruh Indonesia gelaran apel siaga pengawasan bersama seluruh stakeholder dan mitra.

Ikut ambil bagian, Bawaslu Bangka Belitung menggelar apel siaga pengawasan di halaman kantor Bawaslu, Selasa (14/2/2024) pagi.

Koordiv Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Babel, Sahirin menjadi inspektur apel kali ini. Dia juga membacakan deklarasi siaga Pemilu 2024 dalam kesempatan ini.

"Berdasarkan instruksi Bawaslu RI, kita apel siaga seluruh Indonesia. Kita mengambil momentum 1 tahun menjelang Pemilu 2024," ujar Sahirin usai apel. 

BACA JUGA:Libatkan Panwascam dan PPK, Bawaslu Pangkalpinang Gelar Rakor Pengawasan Peserta Pemilu

Bawaslu Babel mengundang seluruh stakeholder yang telah terjalin komunikasi bermitra. Apel siaga sekaligus kesiapan Bawaslu Babel dalam mengawal proses demokrasi bersama stakeholder.

"Kita juga melaunching posko pengaduan, dan aplikasi jarimu awasi pemilu. Kita juga deklarasi bersama agar Pemilu berjalan luber dan jurdil," imbuhnya.

BACA JUGA:Bawaslu Bateng Gandeng UBB, Ini Tujuannya

Dia berharap peran serta partisipasi masyarakat bagaimana mencegah politik uang, politik kebencian menjaga nilai politik lokal dan memastikan Pemilu berjalan aman dan damai. 

"Semangat pencegahan kita libatkan seluruh tokoh agama, masyarakat dan awak media," tuturnya.

BACA JUGA:Bawaslu Bateng Raih 4 Award, Ini Kata Ketuanya

Dalam deklarasi, Sahirin menjanjikan untuk mewujudkan kualitas pemilu yang demokratis berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kemudian, ikut berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu dan mencegah terjadinya politik uang.

"Menyerukan politik santun dan sejuk di media sosial tanpa ujaran kebencian, dan berita bohong. Mengedukasi masyarakat dalam berpolitik berdasarkan nilai - nilai kearifan lokal mayarakat dan menolak segala bentuk kecurangan serta menjaga kondusifitas dalam pemilu serentak 2024," tutupnya.(*)

BACA JUGA:Rangkul Media, Bawaslu Babel Kuatkan Jangkar Demokrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: