Posikandu Bateng Pertama di Babel Siap Periksa Udang dan Ikan yang Sakit

Posikandu Bateng Pertama di Babel Siap Periksa Udang dan Ikan yang Sakit

--

BABELPOS.ID, KOBA - Bangka Tengah kini punya Pos Kesehatan Ikan Terpadu (Posikandu) dan satu-satunya di Bangka Belitung yang diperuntukkan sebagai laboratorium pengembangan dan pelayanan dalam mendukung kesehatan ikan dan lingkungannya.

Posikandu ini terletak di samping Kantor Dinas Perikanan Bangka Tengah sebagai contoh pelayanan publik guna meningkatkan produktivitas perikanan di Bateng.

"Ini menjadi salah satu contoh pelayanan publik dalam rangka meningkatkan produktivitas perikanan," ungkap Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Imam Soehadi kepada babelpos.id pada Selasa (24/1/2023) di Koba.

Dikatakan Imam, posikandu yang ada di Bangka Tengah tersebut adalah yang pertama kali ada di Provinsi Bangka Belitung yang dibangun pada tahun 2022 lalu.

Ia menerangkan, posikandu merupakan tempat dimana seluruh masyarakat dapat melakukan pemeriksaan terhadap ikan ataupun udang yang sakit.

"Selain itu, posikandu ini juga dapat menjadi tempat pengujian dan pemantauan terhadap kualitas air," tuturnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga bersedia dan siap untuk bermitra dengan masyarakat, pelaku usaha maupun pelaku industri perikanan yang ada di Bangka Tengah.

"Ada beberapa prosedur yang dapat ditempuh untuk mendapatkan pelayanan di posikandu Bangka Tengah," ucapnya.

Pertama, masyarakat bisa melaporkan atau membawa sampel ikan maupun udang yang sakit guna dilakukan pengobatan ataupun tindakan pencegahan.

"Kedua, petugas kami yang akan stand by untuk jemput bola atau datang ke lapangan guna melakukan pemantauan dan pengecekan secara langsung," ucapnya.

Lebih lanjut, setidaknya ada 7 bentuk pelayanan yang dapat dilakukan di posikandu Bangka Tengah tersebut.

Kendati demikian, Imam mengakui bahwa saat ini pihaknya sedang menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap pelayanan-pelayanan yang dimaksud.

"Dalam pelayanan dan operasional serta optimalisasi posikandu nanti, kami akan berkoordinasi dan bermitra dengan sejumlah instansi," ujarnya.

Adapun instansi yang dimaksud antara lain seperti Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Pangkalpinang Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung atau laboratorium lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: