Posyandu Pangkalpinang Kini Melayani Semua Kelompok Umur

Posyandu Pangkalpinang Kini Melayani Semua Kelompok Umur

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Dalam Rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Pangkalpinang, kini Posyandu melayani semua kelompok umur seperti bayi, balita, anak pra sekolah, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas. Selain itu juga, Posyandu melayani kelompok usia sekolah dan remaja, kelompok dewasa dan lansia.

BACA JUGA:Ketua Kwarcab Basel Ajak Semua Elemen Meriahkan PW dan Jamcab III

“Posyandu sekarang melayani seluruh lapisan masyarakat, pelayanan sekarang itu sudah sampe kepada usia lanjut. Pelayanan Posyandu seperti screening kesehatan jiwa remaja, karena dengan teknologi yang makin meningkat dan kegiatan persaingan yang cukup tinggi, kita bisa bawa anak remaja kita ke Posyandu. Selain itu bisa tambah vitamin, tambah darah, hemobion, pemeriksaan laboratorium sederhana seperti kolesterol”, ujar Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan saat menghadiri Gerakan Aktif Posyandu di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa (16/7/2024).

Lusje menambahkan, di Posyandu juga ada edukasi pelayanan pendidikan kesehatan, misalnya edukasi pencegahan Demam Berdarah dan penyakit lainnya. Pelayanan Posyandu juga berupa deteksi dini gejala-gejala sejumlah penyakit seperti Tuberculosis.

BACA JUGA:Ketua Kwarcab Basel Ajak Semua Elemen Meriahkan PW dan Jamcab III

“Terima kasih kepada Dinas Kesehatan yang menggerakkan Posyandu, tim PKK juga harus ikut, kita gerakkan sama-sama. Tujuan akhir adalah bagaimana masyarakat Kota Pangkalpinang ini sehat semua, kalo ada gejala-gejala TB misalnya sudah bisa kita deteksi sejak dini”, jelas Lusje.

Jika terdapat pelayanan kesehatan yang lebih lanjut, Lusje sampaikan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah di Kota Pangkalpinang memiliki tingkat pelayanan kesehatan yang lengkap. Sehingga dapat melayani kesehatan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA:DPRD Pangkalpinang Sahkan Perda Pertanggungjawaban APBD 2023

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Tri Wahyuni menyebut Gerakan Aktif Posyandu yang di canangkan Dinas Kesehatan terdiri dari beragam sektor dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Gerakan Aktif Posyandu kali ini diikuti sebanyak 170 peserta.

“Gerakan Aktif Posyandu yang tidak terfragmen oleh kelompok umur lagi ini akan terus kita canangkan hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Kota Pangkalpinang”, tukasnya.

BACA JUGA:Pemkot Pangkalpinang Kordinasikan Percepatan Penurunan Stunting

Pada kegiatan ini, juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Posyandu yang berprestasi di Kota Pangkalpinang. Predikat penghargaan diraih oleh Posyandu Kelurahan Pintu Air sebagai juara pertama, disusul Posyandu Kelurahan Air Salemba sebagai juara dua, dan Posyandu Kelurahan Semabung Baru yang berhasil meraih juara tiga. Penghargaan kepada Posyandu-Posyandu yang berprestasi tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Pangkalpinang. (Tob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: