KPU Kota Selesaikan Verifikasi Administrasi Empat Bakal Calon DPD RI, Ini Tahapan Selanjutnya

KPU Kota Selesaikan Verifikasi Administrasi Empat Bakal Calon DPD RI, Ini Tahapan Selanjutnya

Yusmayadi--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang mendapat tugas verifikasi administrasi bakal calon anggota DPD RI. Sebanyak 19 bakal calon menyerahkan syarat dukungan minimal ke KPU Babel diakhir masa pendaftaran. Dari 19 balon DPD RI, KPU Kota kebagian sebanyak 4.368 dukungan yang harus dilakukan verifikasi administrasi.

Divisi Teknis KPU Kota Pangkalpinang, Yusmayadi menjelaskan hingga tanggal 6 Januari 2023, ada empat bakal calon DPD RI yang sudah selesai dilakukan verifikasi administrasi. Dari 4.368 dukungan itu pihaknya juga sudah melaksanakan verifikasi administrasi sebanyak 1.838 dukungan. 

"Sampai hari ini kita sudah menyelesaikan sebanyak 1.838 dukungan yang masuk di Silon. Ada empat bakal calon yang sudah 100 persen yakni Fajar Ferri, Justiar Noor, Rusdyanto dan Tellie Gozelie," ungkap Yusmayadi ditemui, Jumat (6/1).

BACA JUGA:Dinda Rembulan Daftar Sebagai Calon Anggota DPD Perwakilan Babel

BACA JUGA:Putri Emron Pangkapi Daftar Calon DPD RI

Verifikasi administrasi sendiri akan berakhir pada 12 Januari nanti sebelum masuk tahapan verifikasi administrasi perbaikan. Sejauh ini kendala masih pada server silon KPU RI yang dialami hampir seluruh wilayah di Indonesia. 

"Server silon sering down itu menjadi kendala, kita tidak bisa melanjutkan dan harus menunggu. KPU RI sudah mengupayakan agar silon ini dapat bekerja sebagaimana mestinya," sebutnya.

BACA JUGA:Presidium Pembentukan Babel Dukung Tellie Maju DPD RI, Begini Kata Agus Adau

BACA JUGA:Siap Kembali ke DPD RI, Tellie Gozelie Serahkan Dukungan Minimal Pemilih

KPU Kota Pangkalpinang untuk memaksimalkan hal ini juga sudah membentuk operator silon sebanyak 4 orang. Mereka yang melaksanakan verifikasi administrasi dan semua masih berjalan dengan sebagaimana mestinya.

"Verifikasi ini sama seperti verifikasi parpol, nanti ada perbaikan 16 Januari. Data yang harus diperbaiki di silon para calon akan melihat apa yang harus diperbaiki. Kita lihat perbaikan untuk kita lakukan verifikasi administrasi perbaikan terakhir di tanggal 1 Februari," ungkapnya.

BACA JUGA:DPD Babel Butuh 1000 KTP Nyebar di 4 Kabupaten Kota

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Ikut Doakan Penggunaan Gedung Baru DPD Gerindra Babel

Proses selanjutnya, KPU Pangkalpinang akan melakukan verifikasi faktual. Para PPS yang masih dalam tahapan perekrutan akan turun ke lapangan pada 6-26 Februari 2023 untuk melaksanakan verifikasi faktual. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: