Angka Inflasi Terjaga, November 2022 Babel Alami Deflasi 0,11 Persen

Angka Inflasi Terjaga, November 2022 Babel Alami Deflasi 0,11 Persen

Pelaksana tugas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Agus Taufik.- FOTO: ist-

BACA JUGA: 23 Club Meriahkan Bateng Contest Modification 2022

Secara tahunan, Kota Pangkalpinang mengalami inflasi sebesar 6,36 persen (yoy), sementara Kota Tanjungpandan mengalami deflasi 3,87 persen (yoy).

"Tingkat inflasi yang semakin terjaga tidak terlepas dari berbagai upaya strategis Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama stakeholders terkait, antara lain mengintensifkan pemantauan harga dan jumlah pasokan, meningkatkan intensitas operasi pasar/pasar murah dan sidak harga pasar, serta Kerjasama Antar Daerah (KAD) untuk mencukupi pasokan pangan di Babel," ujar Pelaksana tugas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Agus Taufik dalam siaran pers yang diterima babelpos.id, Jumat (2/12/2022). 

Agus Taufik mengatakan, Bank Indonesia juga terus mendorong optimalisasi APBD Pemerintah Daerah untuk mendukung program-program pengendalian inflasi di seluruh wilayah Bangka Belitung.

BACA JUGA: Gudang BBM di Belo Laut Digerebek Polisi Malam-malam, Ada Apa?

Bank Indonesia, katanya, melalui TPID juga mewaspadai tekanan inflasi yang terjadi setiap akhir tahun yang bersumber dari gangguan cuaca yang dapat mempengaruhi kelancaran distribusi dan jumlah pasokan. 

Di sisi lain, lanjutnya, tingkat konsumsi masyarakat menjelang libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan meningkat. Beberapa komoditas yang perlu diwaspadai mendorong inflasi pada akhir tahun antara lain tiket angkutan udara, daging ayam ras, aneka cabai, dan beberapa jenis ikan laut. 

"Untuk itu, berbagai upaya menjaga kelancaran distribusi dan ketersediaan pasokan pangan dan BBM merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga inflasi Bangka Belitung semakin terkendali," tukas Agus Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: