Geliatkan Wisata Bawah Laut di Perairan Bedukang, PT Timah Tbk Tenggelamkan Coral Garden

Geliatkan Wisata Bawah Laut di Perairan Bedukang, PT Timah Tbk Tenggelamkan Coral Garden

--

BACA JUGA: Jaga Kelestarian Mangrove, PT TIMAH Tbk Tanam Mangrove di Desa Batu Belubang

Ia menjelaskan, program coral garden ini akan memberikan manfaat yang besar, tidak hanya untuk PT Timah Tbk tapi untuk perguruan tinggi dan masyarakat luas. 

Ini merupakan program ketiga yang dilakukan oleh PT Timah Tbk, dan untuk yang ketiga kali ini kami lihat semakin baik. Karena pada kegiatan ini semakin banyak pihak yang terlibat, seperti Mahasiswa, Dinas DKP, Pemerintah Desa, masyarakat dan nelayan sehingga semakin kolaboratif," ucapnya. 

Dengan adanya coral garden ini dapat mendukung sektor lainnya seperti kelautan dan pariwisata. 

BACA JUGA: Bangun Kampung Adat Gebong, PT TIMAH Tbk Jadi Sarana Edukasi Mengenalkan Kehidupan Orang Lum

"Selain itu sektor yang terbangun pun tidak hanya dari sektor pertambangan, namun berbagai sektor seperti perikanan, pariwisata yang dapat dikembangkan. Artinya sektor pertambangan ini bisa menjadi pembangkit, atau triger untuk mengembangkan sektor - sektor yang lain,” ungkap Indra.

Menurut Indra, PT Timah Tbk sejak tahun 2018 telah berkolaborasi dengan Universitas Bangka Belitung dalam program reklamasi laut seperti kegiatan transplantasi karang, penenggelaman fish shelter hingga coral garden. 

“Alhamdullilah, kami dari UBB dilibatkan dalam program ini mulai dari perencanaan, pembuatan, penngelaman hingga ketahap monitoringnya juga," ucapnya. 

Senada,  Sub Koordinator Pengembangan dan Pemanfaatan Ruang Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hasti Wahyuni menilai PT Timah telah melaksanakan tanggungjawabnya dalam melakukan rehabilitasi laut. 

Menurut wanita yang kerap disapa Yuyun ini menyebutkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini dan rehabilitasi laut harus dikerjakan sama-sama bai dari Pemerintah, Perusahaaan, Swasta dan lainnya. 

“Kegiatan seperti ini sangat baik sekali, karena ada tanggung jawab yang dilakukan oleh PT Timah untuk merehabilitasi laut. Semoga kedepannya  bisa berkolaborasi bersama PT Timah untuk melakukan perlindungan kawasan agar dapat menunjang keberagaman ekosistem laut diseputaran wilayah ini," ucapnya. 

Kata dia, jika dikembangkan dengan baik coral garden ini bisa menajdi spot wisata yang bisa mendukung ekonomi masyarakat. 

“Selain itu pengelolaannya harus ditingkatkan, jangan hanya sekedar penggelaman saja, seperti monitoring dan pengembangan ke masyarakatnya. Agar kegiatan ini dapat berdampak positif untuk masyarakat baik secara ekonominya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: