Rudianto Tjen Ajak Warga Bersatu Lawan Hoax Demi Keutuhan NKRI

Rudianto Tjen Ajak Warga Bersatu Lawan Hoax Demi Keutuhan NKRI

Rudianto Tjen--

ANGGOTA Komisi I DPR RI, Ir. Rudianto Tjen dikenal sebagai sosok yang selalu konsisten untuk menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan NKRI. Salah satunya, politisi PDI Perjuangan itu terus mengajak masyarakat saling bergotong royong untuk melawan hoax maupun sikap-sikap konspirasi yang beredar di internet.

Menurutnya, tingginya pengguna internet di Indonesia dan dunia, dapat memicu munculnya hoax dan teori konspirasi yang memenuhi dunia digital.

BACA JUGA: Siaran TV Analog Resmi Dihentikan, Rudianto Tjen Ingin Bantuan STB Terdistribusi Merata

"Namun hal tersebut dapat dikurangi dan diwaspadai dengan bijak dan cerdas menggunakan internet atau media digital," kata Rudianto Tjen, Senin (7/11/2022).

Rudi menjelaskan, teori konspirasi merupakan teori yang menjelaskan serangkaian peristiwa maupun tragedi yang bersifat rahasia. Sering kali, kata dia, teori ini digunakan untuk memperdaya seseorang oleh sekelompok atau organisasi tertentu.c

"Konspirasi itu direncanakan secara diam-diam oleh pihak tertentu seperti sekelompok orang maupun organisasi yang nemiliki kuasa tinggi serta sangat berpengaruh," jelas Rudi

BACA JUGA: Tekan Inflasi di Babel, Rudianto Tjen Harap UMKM Lokal Terus Diberdayakan

Rudi juga memberikan contoh sejumlah hoax yang sempat beredar di tanah air, sepertic meluasnya pandemi Covid-19 disebabkan kebocoran laboratorium biologi di China, kemudian penanaman microchip vaksin, serta teknologi 5G transmisikan virus corona.

Oleh karena itu, pria kelahiran Sungailiat itu meminta masyarakat untuk bisa mengenali ciri-ciri berita hoax maupun teori konspirasi. Pasalnya, kedua hal tersebut memberikan dampak yang sangat merusak persatuan dan kesatuan bangsa dan negara yang sudah terbentuk dan terjalin dengan sangat baik seperti saat ini.

"Informasi yang dapat membuat kita membenci orang lain atau kelompok tertentu. Kemudian informasi tersebut dapat menciptakan adanya kebencian, kekhawatiran dan permusuhan, dan biasanya meminta untuk diviralkan dan minta disebarkan," ungkapnya.

BACA JUGA: Kepedulian Rudianto Tjen Terhadap Olahraga dan Masyarakat Tuai Apresiasi

"Ciri-ciri tersebut harus kita waspadai, karena tentu saja hoax dan konspirasi ini memberikan dampak buruk, misalnya dapat menimbulkan perpecahan, masyarakat tidak percaya dengan fakta, kemudian menimbulkan opini negatif, maraknya post truth, dan disintegrasi menjadi ancaman," sambungnya.

Rudi juga meminta masyarakat untuk bisa berperan dalam melawan hoax dan konspirasi di internet. Diantaranya dengan menghindari judul yang provokatif, periksa sumber berita, dan periksa kebenaran foto.

"Kemudian masyarakat bisa memeriksa alamat situs web, ataupun bergabung dengan grup anti hoax, serta mulai berpikir logis dan kritis. Mari kita ambil bagian dalan mewaspadai dan mencegah hoax dan teori konspirasi di internet," pungkas wakil rakyat yang dikenal peduli tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: