Siaran TV Analog Resmi Dihentikan, Rudianto Tjen Ingin Bantuan STB Terdistribusi Merata

Siaran TV Analog Resmi Dihentikan, Rudianto Tjen Ingin Bantuan STB Terdistribusi Merata

Rudianto Tjen--

ANGGOTA Komisi I DPR RI, Ir. Rudianto Tjen berharap bantuan set top box (STB) gratis bisa segera didistribusikan secara merata dan tepat sasaran. 

Diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menghentikan siaran TV analog atau analog switch off ASO pada Rabu, (2/11/2022) lalu, dengan tujuan migrasi ke siaran digital.

BACA JUGA: Tekan Inflasi di Babel, Rudianto Tjen Harap UMKM Lokal Terus Diberdayakan

Adapun pemerintah pusat kini telah menyiapkan 4,3 juta STB gratis untuk rumah tangga miskin ekstrem (RTM) yang nama dan alamatnya tercantum dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

"Kita harapkan pendistribusian bantuan Set Top Box secara gratis ini bisa benar-benar diterima oleh masyarakat kecil. Dengan set top box ini kita bisa menikmati siaran televisi jauh lebih baik dari tv analog, tv digital ini sudah modern sehingga siaran akan sangat prima,” kata Rudianto Tjen, Minggu (6/11/2022).

"Saya bisa katakan bahwa tv digital sangat penting, karena ini adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Dan pemberian STB ini merupakan bentuk transformasi menuju masyarakat digital,” lanjutnya.

BACA JUGA: Warga Kapuk Senang Dapat Bantuan Sembako. Terima Kasih, Pak Rudianto Tjen!

Selain itu, Rudi sangat mengapresasi dan berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan STB untuk masyarakat secara gratis. Dengan begitu, masyarakat bisa tetap mengakses layanan tv digital dengan kualitas terbaik.

“Pemerintah kita ini luar biasa, betul-betul memperhatikan masyarakatnya, kalau mungkin di negara lain mau switch off analog ke digital pemerintahnya tidak mikirin rakyatnya bagaimana, tetapi pemerintahan Presiden Jokowi ini, beliau sampai berpikir kesana,” kata Rudi.

“Sehingga Menteri Kominfo diperintahkan beliau untuk memikirkan rakyat yang belum mampu menyediakan tv digitalnya. Sehingga oleh Kominfo bersama Komisi I DPR RI, kita putuskan kita siapkan STB untuk kita semua," kata dia.

BACA JUGA: Melalui Gerakan Olahraga, Rudianto Tjen Ingin Rekatkan Keakraban Warga

Rudi bercerita bahwa perkembangan teknologi saat ini sudah melaju dengan sangat cepat. Bagaimana interaksi satu sama lain dari zaman ke zaman semakin berkembang.

Lebih lanjut, mulai dari komunikasi melalui surat hingga kini hanya cukup melalui smartphone yang hampjr dimiliki oleh siapapun. Begitu juga dengan televisi yang dulu kala masih menggunakan tv tabung dengan tampilan layar hitam putih.

“Saya bangga bisa mengikuti perubahan yang begitu banyak. Tetapi dengan perkembangan zaman seperti ini, tv analog sudah tidak bisa dipertahankan. Tv analog ini sudah termasuk ketinggalan zaman, jadi mau tidak mau, tv ini harus masuk ke era digital murni. Makanya itu pemerintah berencana secara bertahap akan men-switch off tv analog,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: