Terbentuk Sejak 2003, Sampai Kini Bangka Tengah Belum Miliki Hari Jadi, Bupati Algafry Usul Tanggal Ini

Terbentuk Sejak 2003, Sampai Kini Bangka Tengah Belum Miliki Hari Jadi, Bupati Algafry Usul Tanggal Ini

Bupati Bateng Algafry Rahman --

BABELPOS.ID, KOBA - Salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang hingga saat ini belum memiliki hari jadi secara resmi yakni Bangka Tengah (Bateng), padahal Kabupaten ini sudah terbentuk sejak Tahun 2003 silam.

Tak heran apabila Pemerintah Daerah telah mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Bangka Tengah kepada pihak legislatif.

BACA JUGA:Sudah Terima BSPS 400 KK, Bateng Jadi Pelopor

"Bangka Tengah saat ini memang belum memiliki hari jadi, maka beberapa waktu lalu kami telah mengusulkan inisiatif dari Pemerintah Daerah kepada legislatif untuk kita jadikan 25 Februari menjadi hari jadi Bangka Tengah sesuai dengan ketuk palu ketika lahirnya Bangka Tengah," ungkap Bupati Bateng, Algafry Rahman kepada babelpos.id pada Minggu (6/11/2022) di Koba.

Dikatakan Algafry, usulan Rancangan Perda tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Bangka Tengah pada prinsipnya didasarkan pada upaya untuk membangkitkan rasa cinta dan menghargai sejarah terbentuknya Kabupaten Bangka Tengah. 

BACA JUGA:Ruas Jalan Koba - Lubuk Besar Rusak Parah, Dengar Keluhan Warga Ini

"Perda tentang hari jadi Bateng ini, kita ingin seluruh kecamatan di Bangka Tengah melaksanakannya, walaupun hari perayaaannya tidak sama, tapi nantinya semua kecamatan bisa merayakannya," tuturnya.

Selama ini masyarakat telah menikmati Hari Jadi Koba sebagai Ibu Kota Kabupaten Bateng, sedangkan Hari Jadi Kabupaten Bangka Tengah belum pernah diperingati selama terbentuknya sejak Tahun 2003. 

BACA JUGA:Tahun Depan BAZNAS Bateng Bakal Bangun Rumah Sehat Gratis

"Oleh karena itu, pentingnya pembentukan Perda tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Bangka Tengah, dapat menjadi dasar bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat mengumumkan tahun kelahiran Kabupaten Bangka Tengah setiap tahunnya, dengan tujuan mengingat kembali Kabupaten Bangka Tengah pada masa lalu dan masa kini demi pencapaian kemajuan pada masa mendatang," imbuhnya. (**)

BACA JUGA:Raperda Pencegahan Permukiman Kumuh di Bateng Disahkan, Ini 3 Lokus Kawasannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: