PT TIMAH Tenggelamkan Coral Garden

PT TIMAH Tenggelamkan Coral Garden

--

Salah satu nelayan yang terlibat dalam kegiatan coral garden, Supriyanto (50) yang merupakan anggota Kelompok Sinar Penyusuk mengatakan, dirinya merasakan manfaat dari program ini pasalnya bisa memberikan pekerjaan baru untuk meningkatan penghasilan.

BACA JUGA: Pemberdayaan Masyarakat Adat, PT Timah Tbk Boyong Lembaga Adat Mapur Study Banding ke Baduy

Supriyanto mengatakan, dia kadang beralih menjadi pengantar wisatawan yang berkunjung ke Pulau Putri. Ia membeberkan dalam satu hari pendapatannya bisa mencapai 600-700 ribu saat mengantar wisatawan.

“Dengan adanya program seperti ini kami berharap dapat meningkatkan kunjungan  wisatawan ke Pulau Putri, karena dengan adanya program seperti ini tentunya menambah spot untuk wisatawan snorkeling," ucapnya.

Ia berharap, program coral garden dapat terus berlanjut, sehingga dengan semakin banyak jenis serta bentuk karang yang ada tentu menjadi spot yang menarik untuk para wisatawan.

BACA JUGA: PT Timah Tbk Cari Mitra Binaan Inovatif, Yuk Kepoin Syarat dan Ketentuannya

"Selain itu kami para Nelayan dapat menjadikan hal ini sebagai pekerjaan sampingan di saat kami tidak melaut,” ujar Supriyanto.

Ia menceritakan, mereka diajak terlibat dari proses pembuatan, penenggelaman, hingga monitoring sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dalam melaksanakan transplantasi karang.

“Program ini bagus karena tentunya untuk pertumbuhan karang, tentunya ini juga akan menambah pendapatan untuk masyarakat sekitar, karena dengan adanya kegiatan ini akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Putri ini," katanya.

BACA JUGA: PT Timah Tbk Bantu Pembangunan Tempat Wudhu dan Toilet Masjid Darussalam Desa Pangek

Sementara itu, Camat Belinyu, Lingga Pranata mengatakan, program ini berdampak pada perekonomian masyarakat. Dengan adanya coral garden ini dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk datang ke Pulau Putri maupun penyusuk.

Pasalnya, kawasan ini menjadi paket lengkap yakni panorama alam yang indah dan wisata underwater.

“Selain itu kami rasa program ini sangat baik, karena dapat memberikan pekerjaan untuk Nelayan kami yang terlibat dalam dikegiatan ini. Ini menjadi langkah untuk meningkatan sektor wisata, yang mana kita ketahui Pulau Putri ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Kecamatan Belinyu,” ujar Lingga.

BACA JUGA: Pemasaran Kemplang Tjhai Mau Chin Makin Luas Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

Ia berharap, progam ini dapat dilanjutkan. Sebab dirinya merasakan program-program yang dilakukan PT TIMAH Tbk telah dirasakan masyarakat manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: