Inovasi Kanti Bekisah SMPN 1 Koba Masuk Top 10 KIPP Babel 2022

Inovasi Kanti Bekisah SMPN 1 Koba Masuk Top 10 KIPP Babel 2022

Paparan aplikasi Kanti Bekisah di SMPN 1 Koba.--

BABELPOS.ID, KOBA - Membanggakan, inovasi SMP Negeri 1 Koba "Kanti Bekisah" masuk daftar Top 10 Inovasi Layanan Publik terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2022.

"Ini merupakan kegiatan audit daring dari Provinsi tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022. Salah satu inovasi SMPN 1 Koba yakni Kanti Bekisah, Ku Ade Untuk Ka masuk Top 10 besar," ujar Kepala SMPN 1 Koba, Hana Meilani kepada babelpos.id pada Senin (3/10/2022) di Ruang Pertemuan Lantai 2 SMP Negeri 1 Koba.

BACA JUGA:Lulus! 5 Mahasiswa UBB Siap Harumkan Nama Babel di Festival Pemuda 2022

Dikatakan Hana, inovasi Kanti Bekisah ini awalnya merupakan program bimbingan untuk anak-anak yang terindikasi memiliki resiko atau permasalahan yang diharapkan bisa mengurangi kenakalan remaja, mengindikasi permasalahan anak, dan mengurangi angka putus sekolah.

"Jadi inovasi Kanti Bekisah ini memang sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, seperti Kabupaten Layak Anak untuk memastikan tidak ada anak putus sekolah di Bangka Tengah," tuturnya.

BACA JUGA:Wakili Babel, Mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 Melaju Peksiminas 2022

"Inovasi Kanti Bekisah ini sudah ada sejak tahun 2019, yang mana awalnya bertujuan untuk mengembangkan empati dan simpati anak yang memiliki emosi stabil dengan cara mendekati anak-anak yang memiliki resiko masalah," sambungnya.

Menurut Hana, lewat inovasi kanti bekisah ini sudah ada ratusan masalah yang mampu pihaknya selesaikan, mulai dari kasus merokok, bolos hingga LGBT.

BACA JUGA:Membanggakan, Dua Siswa SMPN 1 Pangkalanbaru Wakili Babel ke FLS2N Nasional

"Kita tahu masalah anak-anak ini memang melalui kader-kader kanti bekisah, yang mana mereka ini menjadi jembatan bagi pihak sekolah dan kita juga turut melibatkan peran orangtua siswa," ujarnya.

Kata Hana, saat ini pihaknya sudah melewati tahapan pendaftaran, penilaian dokumen dan audit daring.

BACA JUGA:Membanggakan, Siswa SMP Stania Koba Wakili Babel Lomba Gitar Duet FLS2N Tingkat Nasional

"Insyaallah tanggal 18 Oktober mendatang akan ada verifikasi lapangan langsung ke SMPN 1 Koba dan semoga inovasi kanti bekisah bisa jadi yang terbaik di Bangka Belitung," imbuhnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: