PJU Tenaga Surya Kerap Dicuri, Dishub Bateng Bakal Ganti Semua Jadi Tenaga Listrik PLN

PJU Tenaga Surya Kerap Dicuri, Dishub Bateng Bakal Ganti Semua Jadi Tenaga Listrik PLN

--

BABELPOS.ID, KOBA - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Tengah (Bateng) mengungkapkan bahwa hampir keseluruhan lampu Penerangan Jalan Umun (PJU) sudah diganti menjadi basis tenaga listrik dari PLN.

Kepala Bidang Perhubungan Disperkimhub Bateng, Fernando mengatakan setidaknya saat ini ada sebanyak 1600 PJU yang tersebar di berbagai titik yang ada di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah.

Dikatakan Fernando dari jumlah tersebut, 1144 diantaranya adalah lampu PJU tenaga listrik dari PLN, sedangkan sisanya masih berbasis tenaga surya.

Menurutnya ada beberapa titik di Bangka Tengah yang memang masih perlu diberi lampu penerangan.

"Misalnya di Kecamatan Lubuk Besar itu, yang memang masih cukup banyak kebutuhan untuk pemasangannya," ujar Fernando pada Jumat (23/9/2022) di ruang kerjanya.

"Selain itu, di sepanjang ruas Desa Penyak hingga Desa Namang juga perlu dipasang banyak lampu PJU, karena acap kali menjadi keluhan masyarakat, yang mana sbenarnya setiap kecamatan itu pasti masih butuh PJU, terutama di jalan-jalan desa. Maka dari itu semua wilayah kita bagi supaya pemasangannya merata," tambahnya.

Kata Dia, pemasangan lampu PJU bukan hanya menjadi tugas dari Dishub tingkat Kabupaten, karena ada beberapa titik yang menjadi ranah langsung dari Kementerian Perhubungan, Dishub Provinsi ataupun pemerintah desa.

"Jadi sebenarnya di pemerintah desa juga ada anggaran untuk lampu jalan. Namun, selama ini keluhan masyarakat selalu ke Kabupaten dan tentunya setiap keluhan akan selalu kami tampung serta tetap kami koordinasikan," jelasnya.

Ia menerangkan bahwa lampu PJU dari tenaga listrik PLN dianggap memiliki kelebihan daripada lampu PJU tenaga surya, salah satunya dari segi perawatan yang jauh lebih mudah dan lebih hemat.

"Untuk yang tenaga surya, perawatannya jauh lebih susah, karena kita harus rutin membersihkan panel suryanya. Selain itu, spare part lampu PJU tenaga Surya juga kerap dicuri, terutama akinya," tutur Fernando.

Oleh karena itu, pihaknya mengupayakan agar seluruh lampu PJU yang ada di Bangka Tengah diganti menggunakan lampu tenaga listrik PLN.

"Untuk tahun ini kami ada penambahan pemasangan sebanyak 231 lampu PJU baru. Tahun depan juga kami dapat alokasi untuk pemasangan 250 lampu PJU dan itu semua berbasis tenaga listrik PLN, karena kami tidak lagi melakukan pengadaan lampu PJU tenaga surya," tutupnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: