Ketua Ombudsman RI Sarankan STISIPOL Pahlawan 12 Bentuk UKM Pemantau Pelayanan Publik

Ketua Ombudsman RI Sarankan STISIPOL Pahlawan 12 Bentuk UKM Pemantau Pelayanan Publik

Kuliah umum mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 bersama Ketua Ombudsman RI.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Ketua Ombudsman RI, Mokhamad Najih. S.H.,M.Hum.,Ph.D hadir di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka, Kamis (25/8/22).

Kehadirannya dalam rangka menjadi narasumber kegiatan Kuliah Umum dengan Tema Pencegahan Maladministrasi dalam Pengawasan Pelayanan Publik.

BACA JUGA:STISIPOL P12 Utus Mahasiswa Beasiswa KIP-K Upacara HUT RI di Halaman Kantor Bupati Bangka

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 25 Agustus 2022, bertempat di Gedung Graha STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat.

Dalam paparannya, Mokhamad Najih. S.H., M.Hum., Ph.D mengatakan Ombudsman adalah lembaga negara yang diberikan kewenangan untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, diperlukan untuk menyelesaikan masalah atau keluhan masyarakat tanpa dipungut biaya.

BACA JUGA:11 Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Menjadi Pembicara Konferensi Internasional

Ombudsman memiliki 2 fungsi yaitu penyelesaian laporan masyarakat dan pencegahan maladministrasi.

"Maladministrasi adalah perilaku atau perbuatan melanggar hukum, melampaui wewenang, menggunakan wewenang untuk tujuan lain, termasuk kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum," ujarnya.

BACA JUGA:Tiga Mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 Menjadi Pembicara Konferensi Internasional

Pencegahan maladministrasi yang dilakukan oleh Ombudsman yaitu dengan survei penilaian pelayanan publik dan dalam penyelesaian masalah menggunakan pendekatan informal.

Disamping itu, Ketua Ombudsman RI juga menyarankan agar kampus dapat membentuk unit kegiatan mahasiswa pemantau pelayanan publik. Ini sebagai langkah kolaborasi antara civitas akademika dengan Ombudsman dalam rangka melakukan pengawasan pelayanan publik.

BACA JUGA:Kolaborasi Internasional, STISIPOL Pahlawan 12 dan Universiti Malaysia Trengganu Selenggarakan Seminar

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Darol Arkum, M.Si selaku Ketua STISIPOL Pahlawan 12, Ferdiana, S.Ikom.,M.Ikom selaku Wakil Ketua I Stisipol Pahlawan 12 sekaligus Pembawa Acara, Herwan, SE.,PAR.,MM selaku Wakil Ketua II STISIPOL Pahlawan 12 Bidang Sarana dan Prasarana, Bambang Ari Satria, S.IP., M.Si selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama sekaligus sebagai moderator, Wahyu Hidayat, S.Sos Selaku Kepala Prodi Administrasi negara, Erwin Masyud, Ph.D selaku Kepala Prodi Ilmu Komunikasi dan bapak/ibu Dosen STISIPOL Pahlawan 12 dan diikuti oleh 85 mahasiswa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: