Kolaborasi Internasional, STISIPOL Pahlawan 12 dan Universiti Malaysia Trengganu Selenggarakan Seminar

Kolaborasi Internasional, STISIPOL Pahlawan 12 dan Universiti Malaysia Trengganu Selenggarakan Seminar

SUNGAILIAT - Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka bekerja sama dengan Universiti Malaysia Terengganu melaksanakan kegiatan Internasional Seminar dengan tema "Research Method in Social Science" pada hari Kamis, 7 Juli 2022 di Auditorium Grha Phala STISIPOL Pahlawan 12. Seminar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kolaborasi antar kampus setelah penandatanganan kesepakatan kerja sama.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Darol Arkum, M.Si selaku Ketua STISIPOL Pahlawan 12, dengan narasumber pertama Dr. Yulita selaku dosen senior dari Universiti Malaysia Terengganu, nara sumber kedua Ferdiana, S.Ikom.,M.Ikom., CIQaR, dosen sekaligus wakil ketua I Stisipol Pahlawan 12, narasumber 3 Widya Handini, B.Sc., M.Sc., CIQaR selaku dosen sekaligus Ketua Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM), serta moderator Wahyu Hidayat, S.Sos., M.Si, dosen sekaligus Kepala Prodi Administrasi Negara.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen, staff dan mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 serta peserta umum.

Dr. Yulita menjelaskan terkait metode penelitian kuantitatif dalam ilmu sosial yakni multilevel longitudinal dan shortitudinal studies dimana ada perbedaan metode kuantitatif dalam pengambilan data individu serta data kelompok. 

Ferdiana, S.Ikom.,M.Ikom memaparkan materi mengenai metode kualitatif. Bahwa dalam penelitian kualitatif ada banyak pendekatan-pendekatannya. Ada penelitian yang berangkat dari teori dan ada juga penelitian yang membangun teori serta ada penelitian yang sama sekali tidak menggunakan teori.

Secara garis besar ada beberapa desain dalam metode kualitatif seperti simple research design, quasi qualitative, grounded theory, phenomenology, dan lain lain. 

Widya Handini, B.Sc.,M.Sc mengatakan setelah melakukan penelitian, tahap selanjutnya yaitu menyusun artikel jurnal serta publikasi hasil penelitian ke jurnal. 

Widya juga menjelaskan mengenai bagaimana proses mempublikasikan artikel ke jurnal serta menghindari jurnal predator dan menekankan betapa pentingnya menghindari plagiarisme dalam menyusun artikel ilmiah. 

Bambang Ari Satria, M.Si selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama mengatakan bahwa kesepakatan kerja sama internasional ini diharapkan dapat memberikan efek positif untuk kemajuan kampus STISIPOL Pahlawan 12.

"Kerja sama dengan universitas di Malaysia ini akan terus kami jajaki. Selain itu, STISIPOL Pahlawan 12 akan menjajaki kesepakatan kerja sama dengan beberapa kampus lain yang ada di Malaysia, dan diharapkan dapat bekerjasama dengan universitas di negara lain juga,” tambahnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: