Banyak Guru Pensiun, 57 Guru Honorer Direkrut Pemkab Bateng

Banyak Guru Pensiun, 57 Guru Honorer Direkrut Pemkab Bateng

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) merekrut sebanyak 57 orang guru honorer baru. Hal tersebut sebagai upaya menggatasi banyaknya guru yang pensiun dan akan memasuki masa pensiun.

Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman kepada Babel Pos, pada Kamis (14/7/2022).

Ia mengatakan perekrutan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan guru di Kabupaten Bangka Tengah.

"Iya kita melakukan perekrutan tenaga guru, yang nantinya akan membantu di beberapa sekolah yang mengalami kekurangan akibat adanya guru-guru yang pensiun pada saat ini," ujarnya.

"Sementara ini, mereka akan menempati waktu kekosongan guru tersebut. Setidaknya sebanyak kurang lebih 57 orang guru bantu yang kita rekrut," sambungnya.

Kata Algafry, rata-rata guru honorer yang pihaknya rekrut memiliki latar belakang pendidikan Strata Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

"Mereka yang kita rekrut ini rata-rata berpendidikan S1 PGSD dan akan ditempatkan di seluruh kecamatan yang ada untuk membantu sementara kekosongan guru di daerah kita," tuturnya.

Ia menuturkan, jika pihak telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk dapat melakukan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) guru. 

"Kita juga telah mengusulkan perekrutan kembali P3K guru, mengingat di tahun 2024 terdapat ratusan guru yang akan pensiun. Tentunya harus ada perekrutan guru baru," imbuhnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: