Beasiswa Pendidikan bagi Siswa Tidak Mampu di Bangka Tengah Capai 1250 Kuota

Beasiswa Pendidikan bagi Siswa Tidak Mampu di Bangka Tengah Capai 1250 Kuota

KOBA - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Iskandar mengungkapkan di tahun 2022 ini, Beasiswa Pendidikan yang diperuntukan bagi siswa SD dan SMP tidak mampu di Bangka Tengah memang bertambah dari tahun sebelumnya. 

"Tahun 2022 ini beasiswa pendidikan  bagi siswa tidak atau kurang mampu memang bertambah dari tahun sebelumnya, yaitu siswa Sekolah Dasar (SD) sebanyak 750 kuota dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 500 kuota," ungkap Iskandar kepada Babel Pos, Selasa (12/7/2022) di ruang kerjanya.

Dikatakan Iskandar, anggaran beasiswa ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bateng, yang mana pada tahun sebelumnya yang menerima bantuan beasiswa ini hanya 350 siswa untuk SD dan 350 untuk siswa SMP.

"Anggaran beasiswa pendidikan ini memang bertambah dan berasal dari APBD Kabupaten, di mana pada tahun sebelumnya (2021-red) hanya diberikan kepada 350 siswa SD dan 350 siswa SMP," tambahnya.

Dikatakan Iskandar, bantuan beasiswa pendidikan ini memang program rutin, yang mana pada tahun ini tidak lagi berupa uang dan diganti menjadi perlengkapan alat sekolah.

"Pada tahun lalu setiap anak menerima uang beasiswa pendidikan sebesar 600 ribu dan tahun ini menjadi 750 ribu, namun tidak lagi berupa uang dan digantikan dengan perlengkapan sekolah, seperti sepatu, tas, buku dan lainnya," jelasnya.

Kata Islandar beasiswa tidak mampu ini berbeda dengan beasiswa prestasi, pasalnya untuk beasiswa prestasi biasanya berupa bonus ketika berhasil memenangkan lomba.

"Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tidak mampu ini bisa mengajukan SKTM  terdaftar dalam PKH (Program Keluarga Harapan) yang merupakan program bantuan sosial (bansos) regular untuk masyarakat miskin yang memenuhi syarat atau diajukan langsung oleh pihak sekolah," imbuhnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: