Dosen Poltekkes Pangkalpinang Berikan Bimtek Bagi Kader Posyandu di Puskesmas Kelapa

Dosen Poltekkes Pangkalpinang Berikan Bimtek Bagi Kader Posyandu di Puskesmas Kelapa

Sementara dalam bimtek ini diisi dengan ceramah, diskusi, studi kasus dan simulasi. Dimana kegiatan dibagi dua sesi. 

Disesi pertama, ceramah diisi oleh Endriyana Martina Yunus dengan judul “Tumbuh Kembang Bayi dan Balita”. Menurut Endriyana, perlunya diberikan pelatihan ini agar kader Posyandu dan Ibu yang memiliki balita memahami hakikat tumbuh kembang anak sebagai landasan dalam memberikan layanan Posyandu. 

“Dengan memahami perkembangan anak usia dini, diharapkan peserta mampu memberikan layanan tumbuh kembang anak secara optimal.

Strategi dan metode yang dipilih dapat digunakan untuk mengoptimalkan potensi peserta mengenai tahap pertumbuhan dan perkembangan anak,” tuturnya.

Sementara, sesi kedua diisi oleh liana Devi Oktavia dengan judul “Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini”. Diakui Devi, memang perlunya diberikan penyuluhan ini agar kader Posyandu dan Ibu yang memiliki balita memahami tentang stimulasi yang tepat sesuai perkembangan anak usia dini. 

“Pengetahuan ini dapat dijadikan landasan untuk meningkatkan kemampuan kader Posyandu dalam memantau perkembangana anak.

Prinsip stimulasi yang diberikan dengan bermain melibatkan semua aspek perkembangan anak usia dini yaitu aspek kognitif, fisik, bahasa dan sosial emosional,” tukasnya.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: