Jaga Budaya dan Lingkungan Lewat Adat Taber Laut di Pantai Batu Beriga

Jaga Budaya dan Lingkungan Lewat Adat Taber Laut di Pantai Batu Beriga

LUBUK BESAR - Warga Desa Batu Beriga menggelar acara Adat Budaya Taber Laut Sedekah Laut Tahun 2022 dengan tema \"Mari Kita Jaga bersama kelestarian Adat, Budaya serta Ekosistem Laut untuk Kehidupan Masyarakat\" di Pantai Desa Batu Beriga, Minggu (5/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman berpesan kepada masyarakat agar banyak-banyak bersyukur atas limpahan hasil laut yang melimpah.

\"Laut ini merupakan anugerah yang luar biasa, sebab tidak perlu dipupuk, apalagi dikasih garam sudah menghasilkan limpahan rezeki, karenanya hal ini patut disyukuri masyarakat setempat,\" ujarnya.

Menurut Algafry, Pantai Batu Beriga memiliki potensi yang besar jika dikembangkan lebih lanjut. \"Sudah saya sarankan, bahwa harus ada model yang baru, inovasi serta kreasi di Pantai Batu Beriga ini, jangan sama setiap tahunnya,\" tuturnya.

Dikatakan Algafry, moment acara adat Taber Laut ini juga sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. \"Ini juga merupakan moment peringatan hari lingkungan hidup se-dunia, bahkan kita kedatangan rekan dari UBB yang turut memberikan edukasi pengtingnya menjaga lingkungan,\" imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Beriga Gani menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan turun menurun yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk melestarikan budaya dan mensyukuri nikmat rezeki alam berupa potensi perikanan dan wisata dari Allah

\"Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahunnya untuk melestarikan budaya di Desa Batu Beriga ini, kita di Desa Batu Beriga ini kan prioritas penduduknya 80% Nelayan, sehingga kita adakan acara ini untuk mensyukuri karunia laut yang diberikan kepada masyarakat desa batu beriga ini,\" tuturnya.

Ia menambahkan bahwa ada pantangan yang tidak boleh melaut selama 3 hari, setelah acara adat ini \"Pantangannya tidak boleh melaut selama 3 Hari dan juga harus menjaga kebersihan laut dan pantai,\" ucapnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: