Semarakan HUT Kota Muntok, Bupati dan Ribuan Masyarakat Nganggung Bersama

Rabu 07-09-2022,15:52 WIB
Reporter : Cahyo
Editor : Admin

BABELPOS.ID, MUNTOK -  1.000 dulang terjejer rapi di Lapangan Gelora Muntok, guna memeriahkan Hari Jadi kota Mentok ke-288 yang bertepatan pada 7 September 2022 ini.

Selain Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming beserta unsur Forkopimda, ribuan masyarakat juga ikut bersama-sama menyantap hidangan yang ada didalam dulang.

Bong Ming Ming mengatakan tradisi nganggung ini digelar untuk mengajak masyarakat ikut bersama merayakan HUT kota Muntok ke-288.

"Nganggung ini ide kawan-kawan supaya kita bisa bersama merayakan HUT kota Muntok bersama masyarakat Bangka. Bahwa kita semua ini sama tidak ada perbedaan maupun pejabat," ucapnya. 

Tak hanya untuk kebersamaan, Wabup juga menyebutkan kegiatan nganggung dilaksanakan guna tradisi ini tidak pudar.

"Nganggung ini adalah kebersamaan bahkan bertukar-tukar inilah rasa kebersamaan yang sebenarnya harus kita perkuat dan kita angkat sehingga kedepannya tradisi nganggung itu tidak memudar," bebernya.

Bong Ming Ming menyatakan nganggung bersama ini pertama kali digelar dan ia berharap seperti tersebut dapat terus dilaksanakan.

"InsyaAllah ini pertama kali, yang mudah-mudahan ini bisa terus kedepannya," harapannya.

Selain nganggung, puluhan grup ikut ambil bagian dalam karnaval budaya, memeringati Hari Jadi kota Muntok ke-288.

"Alhamdulillah untuk pesertanya ada 87 dengan pengumuman selama 5 hari dan saya berharap tahun depan bisa lebih semarak lagi," sebutnya.

Berbagai kesenian daerah disajikan untuk menghibur ribuan warga yang memadati jalanan di sepanjang rute menyusuri jalanan.

"Ini yang kita angkat adalah bagaimana selama ini banyak potensi anak-anak muda dan potensi budaya yang ada dikita ini, baik asli dari Bangka Barat maupun yang ada di luar Bangka Barat," pungkasnya. (amd)

Kategori :