Cek Kebutuhan Protein Kamu Berdasar Usia

Cek Kebutuhan Protein Kamu Berdasar Usia

Telur sebagai sumber protein --Foto: ist

Bagi orang yang berolahraga dengan intensitas regular sampai sedang seperti bersepeda, asupan protein bisa ditingkatkan menjadi 1,2 hingga 1,5 gram per kilogram berat badan sehari.

BACA JUGA:Mau Turunkan Risiko Depresi Masa Tua, Makan Aja Buah

BACA JUGA:Kaya Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Sementara itu, orang yang melakukan aktivitas ringan seperti berbelanja, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, atau berjalan-jalan tidak perlu mengonsumsi lebih banyak daging atau tahu untuk meningkatkan asupan protein.

Reutens mengatakan bahwa bagi kebanyakan orang, asupan protein tidak boleh melebihi 1,5 gram per kilogram berat badan per hari.

Faktor lain yang mempengaruhi kebutuhan protein adalah kondisi kesehatan. "Orang dewasa dengan kondisi medis seperti kanker atau penyakit ginjal akan memiliki kebutuhan protein yang berbeda," kata Chiam.

Diane Seto, ahli gizi senior dari Mount Elizabeth Hospital di Singapura, menyampaikan bahwa ibu hamil juga memerlukan asupan protein ekstra.

Menurut dia, ibu hamil membutuhkan tambahan asupan protein untuk mendukung pertumbuhan bayi serta mengatasi peningkatan volume darah dan perubahan dalam tubuh. Ibu hamil membutuhkan protein sekitar 1,1 gram per kilogram berat badan setiap hari.

BACA JUGA:Ini Pilihan Sarapan untuk Bantu Kendalikan Gula Darah

BACA JUGA:Mau Kulit Segar? Ikuti 8 Langkah Perawatan Ini

Sebagaimana hal lain dalam hidup, konsumsi protein juga tidak boleh berlebihan. Kelebihan asam amino akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Kebanyakan asupan protein dapat menimbulkan peningkatan kadar lemak dalam darah dan memicu penyakit jantung.

Di samping itu, kelebihan asupan protein dapat membebani ginjal, menimbulkan risiko tambahan bagi orang yang rentan sakit ginjal.

Oleh karena itu, lebih baik berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan protein yang tepat sesuai dengan usia, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan.

BACA JUGA:Hindari Makan Keripik dengan Saus, Ini Dampaknya

BACA JUGA:Padat Nutrisi, Ubi Jalar Bagus Dikonsumsi Tiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara