Ini Pilihan Sarapan untuk Bantu Kendalikan Gula Darah

Ini Pilihan Sarapan untuk Bantu Kendalikan Gula Darah

Ilustrasi menu sarapan.--Foto: ist

BABELPOS.ID - Pasien diabetes mesti memperhatikan makanan yang dikonsumsi sepanjang hari untuk memastikan asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga tidak sampai menimbulkan lonjakan kadar gula dalam darah.

Sebagaimana dikutip dalam siaran Hindustan Times pada Rabu (8/8), ahli gizi Nicky Sagar mengatakan bahwa sarapan pasien diabetes mesti mencakup jenis makanan yang tepat, yang dapat membantu menstabilkan kadar glukosa darah.

Guna menghindari lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba, sebaiknya mengonsumsi sarapan yang antara lain terdiri atas makanan kaya serat seperti gandum utuh, buah dan sayuran mentah, serta biji-bijian utuh seperti milet.

BACA JUGA:Paparan Cahaya Terang Saat Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

BACA JUGA:Herbal Ini Ampuh untuk Pengobatan Diabetes

Makanan kaya serat dapat menimbulkan rasa kenyang yang bertahan lama dan menekan lonjakan kadar glukosa darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat dari usus.

Sarapan sebaiknya tidak hanya berupa karbohidrat, tetapi disertai sumber lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Mengonsumsi sumber protein berkualitas juga baik untuk memulai hari, karena bisa membuat orang merasa kenyang lebih lama serta menekan lonjakan kadar gula darah. Sumber protein seperti telur, tahu, keju, dan yoghurt baiknya dimasukkan pula ke piring sarapan.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Panas Bagi Penderita Diabetes, Ini 8 Tipsnya

BACA JUGA:2 Hal yang Harus Dipahami Penderita Diabetes yang Mau Pengobatan Herbal

Sagar menyampaikan bahwa sarapan sebaiknya mencakup buah-buahan dengan indeks glikemik rendah seperti stroberi, rasberi, blueberry, apel, pepaya, dan pir. Buah-buahan ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Di samping itu, Sagar mengatakan, individu dengan diabetes mesti memperhatikan pemenuhan kebutuhan air. Mengonsumsi air detoks pada pagi hari dapat membantu membersihkan tubuh.

Sagar juga mengingatkan pentingnya penderita diabetes memperhatikan porsi makan, berusaha makan dalam porsi lebih sedikit dan menjalankan praktik makan dengan penuh kesadaran guna mengendalikan kadar gula dalam darah.

BACA JUGA:Diabetes Tak Bisa Disembuhkan, Tapi...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara