Sambut HUT RI Ke-79, PLN Resmikan IPP PLTBm Sadai : Tambah Pasokan Listrik 10 MW

Sambut HUT RI Ke-79, PLN Resmikan IPP PLTBm Sadai : Tambah Pasokan Listrik 10 MW

Peresmian Pengoperasian PLTBm Sadai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh PJ Gubernur Babel didampingi oleh PLN, Owner PT SJP, dan Forkopimda Babel.--

BABELPOS.ID, BANGKA – Menjelang HUT Republik Indonesia yang ke-79 ini, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meresmikan Independent Power Plant (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Biomass (PLTBm) 1 x 10MW (Megawatt) yang dibagun oleh PT Sentosa Jaya Purnama (SJP) di Kawasan Industri Sadai Bangka Selatan Provinsi Kepulauaan Babel. 

BACA JUGA:Enam Bulan, Satlantas Polresta Pangkalpinang Cetak 7.908 SIM

Peresmian ini sekaligus menandakan Comercial Operation Date (COD) atau tanggal mulai beroperasi secara komersial PLTBm Sadai, dengan telah beroperasinya PLTBm Sadai telah menambah pasokan listrik pada sistem kelistrikan Bangka sebesar 10 MW.

BACA JUGA:Jadi Pembina Upacara di SMP Best Islamic School Pangkalpinang, Rio Sampaikan Pesan Kemerdekaan

Kegiatan yang dilakukan pada Rabu (3/7/2024) lalu ini dihadiri oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Babel, Safrizal ZA sekaligus meresmikannya. 

Ia menyampaikan bahwa PLTBm Sadai 1 x 10 MW di Kawasan Industri Sadai Bangka Selatan ini merupakan proyek energi terbarukan yang sejalan dengan program pemerintah dalam pengelolaan pengembangan energi bersih dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:Dukung Gerakan Nasional Pemasangan 10 Juta Bendera, Dandim Basel Intruksikan Ini ke Jajaran Babinsa

“Pengembangan pembangkit biomassa yang memanfaatkan limbah organik seperti sisa-sisa pertanian,

perkebunan dan limbah kayu lainnya ini sangat positif,

terutama dengan adanya PLTBm ini lebih memperkuat pasokan listrik PLN di Bangka," ungkap Safrizal dalam keterangan resmi yang diterima Babel Pos, Senin (5/8/2024). 

BACA JUGA:Pemuda di Ranggung Tewas Ditusuk, Pelaku Ungkap Alasannya

Sementara pemilik PLTBm Sadai 1x10MW yang dioperasikan PT Sentosa Jaya Purnama (SJP),

Lam Brian Chan mengatakan bahwa pihak SJP dan kontraktor pembangunan PLTBm Sadai mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah baik di tingkat kabupaten dan provinsi,

PLN serta semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan proyek sehingga bisa COD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: