Peresmian PLTBm di Sadai, BPJ Berharap Ini di KIS

Peresmian PLTBm di Sadai, BPJ Berharap Ini di KIS

Sambutan BPJ Saat Peresmian PLTBM di KIS Basel.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bambang Patijaya mengingatkan kepada perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) agar bisa lebih memperhatikan sektor lingkungan sekitar.

Hal ini dikatakan saat menghadiri peresmian PLTBm di Sadai, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada Selasa (30/07) yang turut dihadiri oleh PJ Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali, Danrem 045/Gaya, Kapolres Basel AKBP Trihanto Nugroho, Kapolda Babel, GM PLN unit Wilayah Babel, Danlanal Babel, Danlanud H.A.S Hanandjoeddin, Kejati Babel, Pengadilan Negeri Babel, Bupati Basel dan seluruh tamu undangan.

Bambang Patijaya mengatakan, bahwa bahan baku yang digunakan oleh PLTBm adalah limbah kayu serta serat fiber sisa hasil olahan kelapa sawit.

"Bahan - bahan yang digunakan oleh PLTBm ini merupakan limbah kayu dan serat fiber kelapa sawit dengan harapan bisa mengoptimalkan limbah dari kelapa sawit," sebutnya, Selasa (31/07).

BACA JUGA:Selenggarakan Diklat 3 in 1 Desainer Grafis Muda, BPJ: Persiapkan SDM Industri yang Kompeten di Babel

BACA JUGA:Kunjungi Tanjung Ketapang, BPJ Bagikan Mesin Konverter Bagi Nelayan

Disebutkannya, luasan area perkebunan kelapa sawit di enam kabupaten mencapai hingga ratusan ribu hektare, yang mampu menjadi perputaran ekonomi baru bagi masyarakat di sekitarnya.

Selain itu, PLTBm dalam sehari bisa menggunakan bahan baku untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan kayu sebanyak 500 ton lebih, yang artinya PLTBm mampu memproduksi energi hingga 10 megawatt.

"Dengan adanya hasil produksi energi sebesar ini, sudah tentu bisa menjadi pendukung energi bagi sekitaran Sadai dengan harapan semakin banyak perusahaan yang membangun di Sadai, dan PLTBm menjadi penyuplai ya," sebut BPJ.

"Bukan hanya itu, ada beberapa hal penting yang bisa kita lihat dari peresmian hari ini bisa memberikan manfaat dari pada KIS, yakni sudah ada entitas bisnis yang beroperasi dan memberikan manfaat dimasa yang akan datang," tambahnya.

BACA JUGA:BPJ Targetkan Golkar Babar Raih Kursi Ketua DPRD

BACA JUGA:BPJ-Radmida 'Mesra', Salurkan Bantuan dan Kunjungi Warga Sakit

Anggota Komisi VII DPR RI ini juga berharap dengan pertambahan energi dunia usaha industri ini bisa menjadi pancingan bagi dunia usaha lainnya. Mungkin sebelumnya ada kendala pada persoalan jaringan maupun juga tegangan yang sulit didapat, namun sekarang tentunya semakin mudah karena PLTBm sudah mampu menjadi penyuplai.

"Kita berharap adanya sirkulasi yang terbangun dari beroperasinya PLTBm yang telah menggunakan bahan bakar seperti kayu dan hingga serat fiber kelapa sawit betul-betul memiliki dampak baik regional maupun internasional apalagi ini merupakan sumber energi yang baru khususnya di Bangka Belitung," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: