Rayakan Idul Adha 1445 H, Lapas Narkotika Pangkalpinang Gelar Sholat Id dan Pemotongan Hewan Kurban

Rayakan Idul Adha 1445 H, Lapas Narkotika Pangkalpinang Gelar Sholat Id dan Pemotongan Hewan Kurban

Penyembelihan hewan kurban Lapas Narkotika Pangkalpinang. --Foto: Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel menggelar Salat Idul  Adha 1445 H dan pemotongan hewan kurban, Senin (17/6/2024). 

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono beserta seluruh jajaran dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Ustadz Syarif Hidayat selaku Penyuluh Agama dari Kementerian Agama Kota Pangkalpinang dihadirkan dalam kesempatan ini sebagai imam merangkap khotib. Dalam khutbahnya, Ustadz Syarif menyampaikan kepada seluruh jamaah untuk dapat memaknai Hari Raya Iduladha ini dengan meneladani pengorbanan serta keikhlasan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s atas perintah Allah Subhanahu Wata'ala.

"Peristiwa tersebut harus kita maknai sebagai pengingat kita untuk dapat senantiasa mengintrospeksi diri serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wata'ala," ujar Usatdz Syarif.

BACA JUGA:Rayakan Idul Adha, Lapas Pangkalpinang Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

BACA JUGA:Setingkat Lebih Tinggi, Kalapas Pangkalpinang Sematkan Tanda Kenaikan Pangkat Bagi Petugasnya

Selepas pelaksanaan Salat Id, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di halaman dalam lapas. Jumlah hewan qurban yang  disembelih sebanyak 10 ekor yang terdiri dari 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing. 

Hewan kurban ini merupakan pemberian dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto. Kemudian Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono bersama dengan pejabat struktural, serta dari Petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan Koperasi Lapastika Selindung Sejahtera.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah Sholat Iduladha, melibatkan seluruh petugas maupun warga binaan. Kegiatan diawali dengan serah terima hewan kurban dari Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono kepada Kasi Binadik, Pebri Sadam selaku Ketua Panitia Kegiatan. Selanjutnya dilakukan pemotongan satu persatu hewan kurban yang disaksikan secara langsung oleh Kalapas dan Pejabat Struktural.

"Pelaksanaan kegiatan kurban di Lapas Narkotika Pangkalpinang ini merupakan momentum bersama dalam rangka memeriahkan Hari Raya Iduladha 1445 H," tutur Kalapas, Nur Bambang.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Pangkalpinang Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar Bioflok

BACA JUGA:Wujudkan Pelayanan Publik Inovatif, Lapas Tanjungpandan Terima Penghargaan dari Pemkab Belitung

"Daging kurban ini nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat di sekitar lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. Selain itu, daging kurban juga akan didistribusikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam bentuk hidangan siap konsumsi, dimana daging tersebut akan diolah terlebih dahulu di dapur lapas," jelas Kalapas.

Lebih lanjut, Kalapas berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri sekaligus meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wata'ala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: