Pj Setda Fery Afriyanto : Sinergi dan Kolaborasi Jadi Kunci Bangkitkan Potensi UMKM di Kep. Babel

Pj Setda Fery Afriyanto : Sinergi dan Kolaborasi Jadi Kunci Bangkitkan  Potensi UMKM di Kep. Babel

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Fery Afriyanto mengharapkan agar seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dan stakeholder untuk berkolaborasi dan bersinergi guna membangkitkan potensi UMKM yang berbasis ekonomi kreatif dan pariwisata di Negeri Serumpun Sebalai. 

BACA JUGA:Pilwako Pangkalpinang, DPP PPP Serahkan Rekomendasi Untuk Molen

Hal ini disampaikannya pada Kegiatan Explore Babel 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Hotel Novotel Bangka, Jumat 31/5/2024. 

Kegiatan yang mengusung tema “Besaoh Wujudkan Negeri Serumpun Sebalai yang Bertuah” bertujuan untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI), dan Pre-Event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024. 

BACA JUGA:Pilwako Pangkalpinang, DPP PPP Serahkan Rekomendasi Untuk Molen

Sekda Fery menuturkan kekayaan sumber daya alam Babel tidak hanya dari pertambangan saja, namun potensi keindahan alam dan ragam budaya Negeri Serumpun Sebalai masih banyak yang dapat diexplore untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata populer di Indonesia. 

“Daya tarik wisata tersebut berpotensi dikembangkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan,” jelasnya. 

BACA JUGA:Safriati Safrizal meninjau lokasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi Suku Sawang

Potensi ini terangnya didukung oleh beberapa faktor antara lain kekayaan alam dengan karakteristik kepulauan yang juga mendukung untuk penyelenggaraan sport tourism, kaya akan kearifan lokal hingga memiliki keunikan Belitung Geopark. 

“Yang telah diakui dunia dan telah ditetapkan sebagai salah satu UNESCO Global Geopark,” ujarnya. 

Pengembangan sektor tersebut akan memberikan multiplier effect, utamanya bagi UMKM untuk menjadi pilar penting bagi pertumbuhan ekonomi Kep. Babel. 

BACA JUGA:Merangkai Konektivitas, Membangun Asa Menyatukan Indonesia

“Saat ini Kep. Babel memiliki lebih dari 189.000 UMKM yang tersebar di 7 kabupaten/kota. Jumlah ini terus meningkat,” terangnya. 

Dirinya yakin melalui kegiatan Explore Babel mampu mengobarkan semangat optimisme bagi masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: