Dapat Anggaran dari Kementan, 6 Ribu Hektare Lahan Rawa di Basel akan Dirubah Menjadi Persawahan

Dapat Anggaran dari Kementan, 6 Ribu Hektare Lahan Rawa di Basel akan Dirubah Menjadi Persawahan

Petani mengecek padi di sawah desa Rias. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) dalam waktu dekat bakal mengalihfungsikan lahan rawa menjadi areal persawahan.

Disampaikan oleh PLT Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) Basel Risvandika, hal ini merupakan upaya optimalisasi produksi pangan Basel dengan memanfaatkan lahan rawa menjadi areal persawahan. 

"Kita sudah mendapatkan anggaran dari Kementerian Pertanian dan sekitar 6000 hektare lahan rawa di Basel akan dijadikan areal persawahan," sebutnya, Minggu (12/05).

BACA JUGA:Fenomena El Nino Sawah Banyak Kekeringan, DPPP Basel Atur Pengelolaan Air

BACA JUGA:Hama Blas Serang Sawah Rias, Petani Terancam Gagal Panen

Disebutkannya, lahan rawa seluas 6000 hektare ini tersebar di 22 desa di 7 kecamatan yang ada di Basel yakni, Toboali, Airgegas, Simpang Rimba, Pulau Besar, Tukak - Sadai, Lepar dan Kepulauan Pongok.

Dari 22 desa yang ada di Kabupaten Basel ini sudah dilakukan survey oleh Dinas Pertanian Provinsi bekerja sama dengan Universitas Bangka Belitung untuk kegiatan konstruksi fisik.

"22 desa ini sudah dilakukan survey, jadi diharapkan optimalisasi lahan rawa ini bisa berbuah maksimal untuk ketahanan pangan khususnya penghasil beras melalui persawahan," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab Basel Tak Cetak Sawah Tahun 2023, Ini Alasannya

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Turun Ikut Menanam Padi di Penutuk

"Terpilihnya 7 Kecamatan ini juga karena masih ada Indeks Pertanaman (IP) yang dilakukan hanya satu kali dalam satu tahun," imbuh Risvandika.

Optimalisasi lahan rawa ini juga sebagai bentuk meminimalisir risiko banjir yang biasanya menggenangi areal persawahan, karena Pemkab Basel mendukung kebijakan produksi padi dadalanegeri guna mencapai swasembada pangan.

Selain itu, program optimalisasi lahan rawa ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dan juga memberikan kesempatan ke seluruh petani untuk menanam bibit padi di berbagai macam lahan, salah satunya areal lahan rawa.

"Kami berharap dari 6.000 lahan rawa yang di optimalisasi ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian dan juga kesiapan Basel untuk menjadi lumbung pangan Babel," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: