BPMP Babel Akan Lakukan Transformasi Pendidikan di Babel Sebagai Kepulauan dan Potret Daerah Tambang

BPMP Babel Akan Lakukan Transformasi Pendidikan di Babel Sebagai Kepulauan dan Potret Daerah Tambang

Guritno Wahyu Wijanarko--

BABELPOS ID, PANGKALPINANG – Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Guritno Wahyu Wijanarko, memastikan bahwa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam 5 tahun terakhir sudah melakukan berbagai gerakan merdeka belajar dan perubahan yang fundamental terhadap proses pendidikan yang ada di Indonesia.

Salah satunya adalah melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik dan guru semakin mengembangkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif melalui isu-isu penting di yang ada sekitar sekolah maupun lingkungan tempat tinggal. 

BACA JUGA:Dukung Timnas U-23, Optimis Lolos Olimpiade

Salah satu sekolah yang berhasil melaksanakan penerapan P5 di Bangka Belitung adalah SMAN 4 Pangkalpinang, sehingga sekolah ini juga mendapatkan kunjungan langsung dari Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PDM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahrir. Dirjen PDM ini juga mengapresiasi terhadap implementasi pelaksanaan P5 di SMAN 4 yang juga mengangkat kearifan lokal

Namun diakui oleh, Guritno bahwa masih banyak sekolah yang masih harus terus belajar mengembangkan pelaksanaan P5, karena ini memang membutuhkan proses. Ke depannya BPMP Babel juga terus mendorong perubahan mindst guru, siswa dan orang tua bahwa pendidikan itu adalah sesuatu yang memang harus dipenuhi kepada siswa. Untuk itu pemerintah memberikan kesempatan agarmengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minat.

BACA JUGA:Hari Jadi Desa Melabun ke 12, Digelar Jalan Sehat dan Hiburan Musik

“Ke depan kita juga meminta kepada seluruh jajaran staekholder yang ada di Bangka Belitung untuk kita terus melakukan kolaborasi semakin lebih baik lagi dalam memajukan pendidikan di Babel. Dan BPMP Babel tentunya akan terus melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah gitu ya untuk kita sama-sama melakukan perubahan atau transformasi pendidikan yang ada di Bangka Belitung, dan kita siap untuk selalu istilahnya di rejoki sama pemerintah daerah,” ujar Guritno ditemui usai memimpin Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 di Lapangan Kompleks BPMP Babel, Kamis (02/05/2024).

BACA JUGA:Ini Keputusan KPU Soal Suara Sama 2 Caleg Demokrat, Berikut 30 Anggota DPRD Pangkalpinang

Ia juga menyebut bahwa BPMP Babel selama ini juga sudah melakukan pendampingan mulai dari perencanaan anggaran sampai implementasi di lapangan. Jadi untuk pelaksanaan anggaran pendidikan, BPMP juga melakukan pendampingan terkait dengan pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan, dimana anggaran pendidikan harus minimal 20% dan kegiatan-kegiatan apa yang menjadi prioritas berdasarkan hasil dari rapot pendidikan.

Dari hasil anggaran pendidikan tersebut, BPMP Babel selanjutnya melakukan pendampingan langsung ke satuan pendidikan. Yakni dengan melakukan pendampingan ke sekolah terkait dengan pengelolaan kinerja yang ada di sekolah maupun pendampingan untuk pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang basisnya dari raport pendidikan.

BACA JUGA:Rekrutmen PPK Kecamatan di Bateng Resmi Ditutup, KPU Terima 114 Orang Pendaftar

BPMP Babel juga melakukan pendampingan terkait dengan ekosistem pendidikan yang kondusif melalui gerakan sekolah sehat atau melakukan pendampingan terkait dengan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual yang ada di satuan pendidikan.

Disadari olehnya bahwa kebijakan yang diambil oleh kementerian sifatnya adalah universal atau secara umum sehingga terkadang juga masih kurang tepat diterapkan di daerah kepulauan. Untuk itu ke depan pak Dirjen juga akan mengundang pemerintah daerah yang khususnya yang mempunyai sekolah-sekolah di kepulauan untuk membahas bersama terkait dengan permasalahan yang ada.

BACA JUGA:Hari Jadi Desa Melabun ke 12, Digelar Jalan Sehat dan Hiburan Musik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: