Pesan 10 Hari Terakhir Ramadan dan Imbauan Pemkab Bangka Terkait Idulfitri 1445H

Pesan 10 Hari Terakhir Ramadan dan Imbauan Pemkab Bangka Terkait Idulfitri 1445H

Boy Yandra --Foto: ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Staf Ahli Bupati Bangka bidang Sumber daya Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra mewakili PJ Bupati Bangka M.Haris menyampaikan pesan kuliah tujuh menit (Kultum) di sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadan. Beberapa pesan juga disampaikan Pemkab Bangka terkait jelang hari raya Idul Fitri.

Boy Yandra dalam Kultum di Masjid Agung Sungailiat, Senin (8/4) mengatakan sepuluh hari terakhir Ramadan merupakan mengenai apa yang kita lakukan. Hal ini menjadi momentum untuk meraih pahala dan ridho Allah SWT menuju kemenangan dan hari yang fitri.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT yang memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan hari-hari terakhir Ramadan kali ini. Semoga kita diberi kekuatan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin dan mengisinya dengan berbagai ketaatan," kata Boy Yandra, Selasa (9/4).

BACA JUGA:RSUD Depati Bahrin dan Laznas Yakesma Bangka Ajak Anak Yatim Piatu Belanja Lebaran

BACA JUGA:Bukber Keluarga Minang Kabupaten Bangka Santuni 60 Anak Yatim dan 39 Kaum Duafa

Menurutnya sepuluh hari terakhir Ramadan adalah di antara waktu terbaik untuk berdoa. Di dalamnya terkumpul banyak sekali waktu-waktu yang mustajab yaitu waktu setelah azab dikumandangkan, waktu selesai salat lima waktu, dan dalam keadaan sujud.

"Termasuk pada saat berkumpulnya umat Islam dalam majelis-majelis kebaikan, majelis zikir dan ilmu. Waktu-waktu tersebut dapat kita manfaatkan untuk berdoa," pesannya.

Sementara itu terkait hari raya Idulfitri 1445H yang sebentar lagi akan tiba, Pemkab Bangka sesuai surat edaran Bupati Bangka mengimbau umat Islam di Kabupaten Bangka melaksanakan malam takbiran yang dipusatkan di masjid ataupun musala dengan dikoordinir camat, lurah dan kepala desa dewan kemakmuran masjid atau pengurus musala. Hal ini supaya pelaksanaan takbiran berjalan lebih tertib dan lancar serta tidak dilakukan takbir keliling di jalan raya dengan menggunakan kendaraan bermotor.

"Kita juga mengimbau masyarakat untuk tidak membunyikan atau membakar mercon, petasan atau bunyi-bunyi sejenisnya yang dapat mengganggu ketertiban, keamanan dan kenyamanan dalam ibadah menyambut takbiran 1 Syawal," imbaunya.

BACA JUGA:Majelis Pengkaderan Aisyiyah Bangka Beri Santunan Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa

BACA JUGA:Pj Gubernur Salurkan 1.500 Al Qur'an dari BWA ke Pesantren dan Majelis Taklim di Bangka

Pihaknya juga meminta umat Islam untuk segera menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah, infak dan sedekah sebelum salat Idul Fitri 1445H. Ini sebaiknya dilakukan karena tujuan syariat berzakat adalah untuk membantu dan menolong umat Islam yang membutuhkan dan saling tolong menolong.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: