Maret 2024, Inflasi Babel Terendah se-Sumatera, Rommy : Hasil Sinergi Kuat TPID

Maret 2024, Inflasi Babel Terendah se-Sumatera, Rommy : Hasil Sinergi Kuat TPID

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung--

dan telur ayam, sedangkan secara inflasi 0,88% (yoy), terutama bersumber dari komoditas beras,bawang putih, dan daging ayam ras. 

"Seperti saya katakan, terkendalinya angka inflasi Bangka Belitung tidak Iepas dari upaya sinergi dan kolaborasi  TPID, kementerian/Iembaga, dan seluruh elemen masyarakat di tingkat Provinsi maupun kota/kabupaten yang terus memperkuat program-program pengendalian inflasi," ujar Rommy. 

BACA JUGA:Mega Proyek Landscape Wisata dan Wahana Permainan, Pemkab Basel Siapkan Anggaran Segini

Selama tahun 2024, lebih lanjut Rommy menjelaskan, TPID se-Bangka Belitung merencanakan 82 kali operasi pasar/pasar murah di 7 kabupaten/kota di Bangka Belitung, 52 kali diantaranya dilaksanakan pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1445H. 

"Program SPHP Bulog juga terus dilakukan untuk stabilisasi harga

beras yang dalam serahun terakhir memiliki andil paling tinggi terhadap inflasi Bangka Belitung," tutur Rommy. 

BACA JUGA:Tahun Ketiga, Sebanyak 114 Petugas Kebersihan Bateng Kembali Terima Bingkisan Lebaran

Meski demikian, kata Rommy, Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah dalam TPID terus mewaspadai

potensi tekanan inflasi ke depan khususnya menjelang Idul Fitri 1445H terutama yang bersumber dari peningkatan sisi permintaan konsumsi masyarakat. 

BACA JUGA:Jelang Mudik Lebaran, Polres Bateng Siapkan 5 Pos dan 60 Personil

Hal ini, lanjutnya, telah diperkuat dengan Penandatanganan Imbauan Belanja Bijak oleh Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belltung, Pj

Walikota Pangkalpinang, Bank Indonesia Bangka Belitung, MUl dan tokoh agama Islam, Kristen

Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu sebagaimana dituangkan pada Surat Edaran No.500/0134/IV tanggal 20 Maret 2024 tentang Belanja Bijak pada Bulan Suci Ramadan dan Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445H di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

BACA JUGA:Pusat Gelontorkan Dana Rp1 Milyar Bedah 4 Rumah Produksi Olahan Ikan di Bangka Tengah

Dia menyebut, terdapat 4 imbauan yang tercantum dalam surat edaran tersebut. Pertama, menerapkan pola konsumsi yang baik dengan belanja bijak. Kedua, tidak membeli barang secara berlebihan baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Ketiga, membeli barang sesuai kebutuhan dan tidak meIakukan penimbunan dan Ke empat, meIakukan penghematan energi pada bahan bakar rumah tangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: