Tahun Ini, Pemkab Bateng Bakal Bantu 2 UKS/M di SMP Swasta

Tahun Ini, Pemkab Bateng Bakal Bantu 2 UKS/M di SMP Swasta

Algafry Rahman--

BABELPOS.ID, KOBA - Dalam rangka meningkatkan kesehatan para siswa di wilayahnya, Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan membantu Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di sekolah-sekolah swasta.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman kepada awak media pada Senin, (25/3/2024).

"Tahun ini ada 2 sekolah swasta SMP yang kita bantu UKS nya, yaitu di Cambai ada SMP Islam Terpadu Ibnu Sabil dan di Sarang Mandi ada Bahrul Huda," ujarnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Babel Berbuka Puasa Bersama di Masjid Raya Tua Tunu dan Berdialog Dengan Masyarakat

Kata Algafry, UKS/M ini adalah program pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.

"Saya lihat UKS/M di beberapa sekolah memang masih mengalami kendala, meskipun ada yang sudah berjalan, akan tetapi masih banyak UKS/M yang hanya dijadikan sebuah nama tanpa kegiatan," ujarnya.

BACA JUGA:Metaverse dan Tantangan Bagi Generasi Alpha

Algafry menuturkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan status gizi pada anak kelas 7 sampai dengan 9 melalui Dinas Kesehatan Bangka Tengah Triwulan 4 Tahun 2023.

"Jumlah sasaran ada 10198 siswa dan didapati 1,49 persen yang mengalami masalah gizi sangat kurus, 3,46 persen gizi kurus, 3,88 persen gizi gemuk, obesitas 2,45 persen, 1,04 gizi pendek dan resiko anemia sebesar 1,31 persen," ujarnya.

"Semoga program UKS/M ini bisa memperbaiki status gizi dan kesehatan siswa," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: