Sambut Ramadan 1445H, PLN Inspeksi Jaringan Jaga Keandalan Listrik

Sambut Ramadan 1445H, PLN Inspeksi Jaringan Jaga Keandalan Listrik

Petugas PLN sedang melakukan inspeksi dan pemeliharaan Gardu Induk Tegangan Tinggi untuk memastikan keandalan pasokan listrik--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) melakukan inspeksi jaringan dan pemangkasan pohon untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445H. 

BACA JUGA:Lokus Stunting di Basel Turun Jadi 3 Desa

Inspeksi dilakukan di jaringan-jaringan listrik PLN yang menyalurkan langsung listrik ke tempat-tempat ibadah dan rumah-rumah pelanggan di Unit Layanan Pelanggan (ULP). Tidak hanya di pendistribusian listrik ke pelanggan dari sisi hulu kelistrikan yakni Pembangkit, Transmisi dan Gardu Induk juga dilakukan inspeksi dan kesiapannya dalam menyuplai pasokan listrik. 

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pangkalpinang, Lukas Desiandri menyampaikan persiapan jaringan untuk keandalan pasokan listrik Ramadhan sudah jauh hari dilakukan.

BACA JUGA:Lokus Stunting di Basel Turun Jadi 3 Desa

“Dari sebulan yang lalu kita sudah melakukan pemeliharaan jaringan dibeberapa titik yang sering terjadi gangguan, seperti penggantian material yang terindikasi tidak optimal lagi fungsinya dan gangguan hewan yang menyebabkan trip. Untuk mencegah potensi gangguan PLN juga melakukan antisipasi dengan melakukan Right On Way (ROW) atau perambasan pohon agar tidak menyentuh jaringan serta bisa menjadi jalan masuk hewan ke jaringan listrik jika tidak dipangkas," ungkap Lukas, Minggu (10/3/2024). 

BACA JUGA:Pancing Tersangkut, Pemancing Tiba-tiba Hilang di Pantai Batu Berikat

Pemeliharaan jaringan dilakukan dengan sistem tanpa padam. Team Leader Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka, Ariadi mengatakan bahwa untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan PDKB perlu dilakukan. Sebab dengan PDKB, kata dia pemeliharaan jaringan tetap bisa  dilakukan tanpa pelanggan mengalami pemadaman. 

BACA JUGA:Pemkab Bangka Sediakan BPJS Ketenagakerjaan Kebun Sawit

Sementara itu saat dihubungi melalui pesan singkat, Manager PLN UP3 Bangka, Muhammad Isra menyebutkan PLN terus berkomitmen untuk memastikan pasokan listrik yang stabil dan andal bagi masyarakat salah satunya pada tanggal 4 Maret 2024, PLN Babel berhasil menambahkan kapasitas listrik di Bangka dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Gas dengan kapasitas 1 x 25 Megawatt di komplek pembangkitan Air Anyir.

BACA JUGA:Dengan Desain Modern Clasic dan Performa Tangguh, New Honda Stylo 160 Tampil Memukau

“Kami telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap infrastruktur dan kapasitas kami, serta merencanakan langkah-langkah proaktif dalam menghadirkan listrik yang andal selama bulan Ramdhan dan sampai Hari Raya Idul Fitri," sebut Isra.

Suryani, warga Kace Timur, saat mengetahui adanya  penambahan pembangkit PLN Bangka, menyampaikan sangat senang dan memberikan apresiasi kepada PLN atas kerja kerasnya.

BACA JUGA:Punya Lensa Periskop, Segini Harga Realme 12 Pro+ 5G

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: