BTR Management Gelar Seminar Nasional Mencari Pemimpin Bangka Belitung 2024

BTR Management Gelar Seminar Nasional Mencari Pemimpin Bangka Belitung 2024

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - BTR Management menggelar webinar nasional Mencari Pemimpin Bangka Belitung 2024, Minggu (28/1/2024) malam.

Sebagai moderator, akademisi Universitas Lampung M Nizar, dengan narasumber Pemilik Aksara Group Guid Cardi dan jurnalis di Bangka Belitung Alza Munzi Hipni.

BACA JUGA:Jenguk Warga Sakit Wujud Tanggungjawab Moral Rudianto Tjen

Pada kesempatan itu, Guid memaparkan pemimpin yang baik adalah mampu memberikan rasa nyaman pada rakyatnya.

Nyaman dalam kondisi ini adalah, ketika petani mudah mendapatkan pupuk, nelayan melaut tidak terlalu jauh dengan hasil tangkapan ikan melimpah, dan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik.

"Pemimpin yang dirindukan oleh masyarakat mampu memberikan rasa nyaman itu. Bagaimana kita melihat ada pemimpin di ujung masa jabatannya terkena kasus korupsi," kata anggota KPU Beltim 2003-2013 dan KPU Babel 2013-2023 ini.

BACA JUGA:THE POWER OF “TUKANG ULON” DALAM MERESILIENSI KRISIS MINAT BERORGANISASI

Selama 20 tahun berkecimpung di dunia penyelenggara pemilu, Guid Cardi memiliki pengalaman terkait kepala daerah yang terpilih, namun bermasalah di tengah atau akhir masa jabatannya.

Untuk itu, dia menyebutkan memilih calon pemimpin harus dikenali dulu rekam jejaknya, sejauh mana pengabdiannya pada masyarakat, serta transparansi soal harta yang dimiliki.

"Kita bisa mengukur, harta yang dimiliki sebelum dan setelah menjabat. Jika ada kepala daerah yang baru dilantik setahun, lalu ada proyek bernilai besar pada masa kepemimpinannya, itu patut menjadi pertanyaan," ujarnya. 

BACA JUGA:Bambang Patijaya Terus Hadirkan Program untuk Warga Bangka Belitung

Guid Cardi mengistilahkan ada praktik ijon yang bisa saja disepakati oleh calon kepala daerah dengan penyokong suksesi kepemimpinannya.

Sekadar informasi, peserta seminar berasal dari PNS, dosen, caleg, mahasiswa baik luar maupun di Bangka Belitung.

BACA JUGA:DPRD Respon Rencana Pemutusan Kerja secara Massal Honorer: Pemprov Babel Punya Rasa Kemanusian Enggak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: