Bambang Patijaya Akui UMKM Babel Makin Kreatif dan Inovatif

 Bambang Patijaya Akui UMKM Babel Makin Kreatif dan Inovatif

BPJ Saat Kegiatan Pelatihan UMKM dan Wira usaha.-sreenshot-

BABELPOS.ID.- PANGKALPINANG.- Sebagai Putra Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  dengan latar belakang pengusaha yang sukses, Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar, Bambang Patijaya SE MM, terus mendorong kemampuan bisnis para pelaku UMKM tanah kelahirannya ini.

Upaya meningkatkan kemampuan UMKM Babel ini salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan manajerial bagi pelaku UMKM maupun pelatihan teknis calon wira usaha baru.

Tak hanya pelatihan buat UMKM dan calon wira usaha baru tersebut, namun disertai pula kolaborasi dengan berbagai Kementrian dan lembaga yang menjadi mitra Komisi VII DPR RI.  Diantaranya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),  dan Kementerian Perindustrian.

BACA JUGA:Dapat Bantuan Mesin Robin dari Bambang Patijaya, Petani: Berkebun Jadi Gampang & Hemat

Dari data yang dihimpun media ini, sepanjang tahun 2023 saja, ribuan pelaku UMKM dan calon wira usaha baru yang mendapatkan pelatihan (lihat grafis).  

Terkait kepeduliannya dengan UMKM dan calon wira usaha baru ini, Bambang Patijaya dalam satu kesempatan menyebutkan bahwa salah satu kehebatan yang dimiliki oleh pelaku UMKM yakni memiliki kreativitas dan inovasi yang kuat.

"Kreativitas artinya memikirkan hal-hal yang baru, sementara inovasi adalah hal-hal yang baru itu mampu diterapkan dan dilaksanakan dengan baik," kata Bambang.

Untuk soal kreativitas, Bambang Patijaya meminta para pelaku UMKM untuk mencontoh kreatifnya para penambang timah di tambang-tambang inkonvensional Babel ini.

"Para penambang di kita ini kreatif lho. Saat ini kita kenal ada TI sebu, user-user, upin-ipin. Itu dengan alat sederhana, kecil, ringkas. Dulu, sepuluh tahun lalu itu, belum ada, nggak dilirik. Tapi dengan kreativitasnya para penambang bisa memanfaatkan mesin ringan itu untuk menambang," ujar Bambang Patijaya.

Bila para pelaku UMKM dapat mengasah kreativitas dan berinovasi, maka ia yakini UMKM di Bangka Belitung ini dapat makin berkembang maju.

BACA JUGA:Emak-Emak Berharap Bambang Patijaya Terus Bawa Program untuk Warga Bangka Belitung

Apalagi, lanjutnya, bila ditopang dengan semangat yang gigih. Ia melihat ada beberapa peserta pelatihan yang usianya tak muda lagi, namun memiliki semangat belajar yang kuat.

"Kegiatan ini tentunya bukan sekadar acara seremonial atau kumpul-kumpul. Semoga melalui kegiatan ini bisa menambah kapasitas serta pemahaman kita semua," tambah Bambang Patijaya.

Fina, salah seorang peserta, menuturkan dirinya kini menjadi lebih paham atas pentingnya manajemen bisnis dalam berusaha. Dia mengaku pikiran dan wawasannya pun makin terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: