97 ASN Pemprov Babel Gantung Seragam di 2023: Buka Peluang Rekrutmen CPNS/CPPPK?

97 ASN Pemprov Babel Gantung Seragam di 2023: Buka Peluang Rekrutmen CPNS/CPPPK?

Foto bersama Pj Gubernur Babel Safrizal ZA bersama pengurus Korpri Babel dan ASN yang memasuki purnabakti di acara pemberian tali asih pensiunan--(Julian)

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Sebanyak 97 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) resmi menggantung seragamnya, alias pensiun.

Dari total jumlah ASN pensiun tersebut, dua diantaranya pejabat eselon atau sekelas kepala dinas/badan. Yaitu Toni Batubara di Badan Kesbangpol dan Yulizar di Dinas Koperasi UMK.

Diketahui, jumlah pensiun di Pemprov Babel akan bertambah di 2024. Di TMT Januari-April 2024 ada sekitar 49 ASN yang akan memasuki purnabakti sebagai abdi negara.

Hal itu pun dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM Babel, Susanti. Adanya kekurangan pegawai dari total seluruh ASN sebanyak 4.000 lebih ini pun tetap menjadi perhatian pihaknya.

BACA JUGA:Sosialisasi Pensiun PNS, Bupati Mulkan: Saya Pensiun Dulu

BACA JUGA:Berikut Besaran Gaji 13 ASN dan Pensiunan Pemkab Basel yang Bakal Diterima

Pengisian kebutuhan tersebut, kata Susanti, sesuai regulasi yang ada. Ia pun tak menampik jika tahun ini pihaknya akan membuka rekrutmen CPNS/CPPPK 2024. "Kalau disini kosong, ada penggantinya. Kan ada rekrutmen formasi juga. Termasuk mengisi yang kosong pensiun ini," jelasnya.

Saat ini juga, BKPSDM Babel sedang menghitung kebutuhan pegawai pemerintahan di Pemprov lewat usulan dari masing-masing perangkat daerah. Hal ini juga sesuai dengan amanat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang memberi sinyal akan dibukanya rekrutmen CPNS/CPPPK 2024.

Kemungkinan dibukanya rekrutmen CPNS/CPPPK 2024 di lingkungan Pemprov Babel juga pernah disuarakan oleh Penjabat Gubernur, Dr Safrizal ZA. Berapa formasi yang akan dibuka, ia sendiri masih menunggu laporan dari BKPSDM Babel.

"Belum ajukan, kita hitung dulu kebutuhan (pegawai) dan kemampuan (keuangan)," ujarnya ketika dibincangi Babel Pos beberapa hari yang lalu.

BACA JUGA:Siap-siap! Pemerintah Buka Lowongan ASN 690.882 Formasi, Ini Rinciannya

BACA JUGA:Hadapi Pemilu 2024, Sekda Naziarto Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Untuk pengadaan CPNS/CPPPK yang spesifik menurut dia sangat dibutuhkan Pemprov Babel ialah pegawai yang memiliki kebutuhan teknis khusus yang membidangi pertanian/perkebunan, ternak dan perikanan.

"Kita masih kurang tenaga kebutuhan khusus itu, misalnya tenaga teknis kesehatan hewan, pertanian dan perikanan," ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: