Kasat Polair Polresta Pangkalpinang Imbau Nelayan Waspada Cuaca Buruk

Kasat Polair Polresta Pangkalpinang Imbau Nelayan Waspada Cuaca Buruk

Kompol Kardinata, Kasat Polair Polresta Pangkalpinang--

  • BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Satuan Polisi Perairan Polresta Pangkalpinang memberi peringatan kepada para nelayan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan saat melaut. 

Peringatan itu disampaikan langsung Kasat Polair Polresta Pangkalpinang, Kompol Kardinata kepada Babel Pos, Kamis (4/1/2024). 

"Imbauan ini kami lakukan untuk meningkatkan kewaspadaan agar para nelayan melakukan persiapan dan mampu menjaga diri saat beraktivitas, karena saat ini musim pancaroba. Jadi tolong kepada masyarakat yang turun ke laut dapat berhati-hati. Masyarakat ini memang biasanya langsung melaut, tapi kita ini selalu mengingatkan mereka untuk berhati-hati," ujar Kardinata. 

Tak hanya mengantisipasi kondisi cuaca, pihaknya pun juga mengimbau kepada para nelayan untuk dapat memiliki alat keselamatan diri saat berada di perairan. 

BACA JUGA:Gandeng Pihak Terkait, Bakuda Bentuk Tim Penyelesaian Tunggakan Pajak

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal Serahkan Sertifikat Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan

"Kita juga imbau agar setiap kapal atau perahu memiliki alat keselamatan, misalnya dilengkapi dengan pelampung agar bisa meminimalisir risiko yang tidak diinginkan," ucapnya. 

Lebih lanjut meski cuaca kerap diguyur hujan lebat, diungkapkan Kompol Kardinata, para nelayan masih beraktivitas dengan normal. 

"Kalau saat ini masih normal, semua pada melaut. Kalau disini ada ratusan kapal tapi memang ada yang cuma bongkar saja lalu lanjut lagi ke pelabuhan lain," ungkap Kardinata. 

BACA JUGA:Bibit Awal Rusak? Pihak BRM Ungkap Faktor Penyebab Program Jahe Merah Bateng Gagal Panen

BACA JUGA:Kejaksaan Tahan Mantan Dir Ops PT Timah 20 Hari Kedepan, Tak Ada Perlakuan Khusus

Selain keselamatan kerja, lanjut perwira melati satu ini, para nelayan juga diingatkan agar selalu memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), guna memastikan waktu yang tepat untuk melaut.

Dengan meningkatkan kewaspadaan dini, diharapkan tidak ada kecelakaan di laut yang melibatkan nelayan, mengingat saat ini memasuki musim pancaroba. 

"Dan kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga Maret mendatang. Jadi harap untuk lebih berhati-hati," pintanya. 

BACA JUGA:Dorong Pertumbuhan EV di Tanah Air, PLN Bangun Lebih dari 624 SPKLU hingga Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: