Deteksi Dini Menjelang Tahun Baru, Lapas Pangkalpinang Tes Urine Warga Binaan

Deteksi Dini Menjelang Tahun Baru, Lapas Pangkalpinang Tes Urine Warga Binaan

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANGLapas PANGKALPINANG terus berupaya mewujudkan bersih dan terbebas dari penyalahgunaan narkoba. Hal ini ditandai dengan diadakannya kembali tes urine bagi warga binaan, Kamis (28/12/2023). 

Tes urine dipimpin langsung Kalapas Pangkalpinang, Badarudin yang turut didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan, Muhamad Irfani serta Kepala Administrasi Keamanan dan Tata tertib, Mulya Nopriansyah. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Serahkan Penghargaan KKP HAM Kepada Bupati Reza Herdavid

“Kali ini, tes urine diikuti 15 warga binaan dipilih secara acak, dalam pelaksanaannya dibantu jajaran tim medis Klinik Pratama Lapas Pangkalpinang,” terang Badarudin disela-sela kegiatan. 

Pada kesempatan tersebut, Badarudin juga mengungkapkan, selain Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang menjadi agenda rutin, kegiatan ini juga merupakan upaya deteksi dini dalam mengimplementasikan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-PK.0805-714 tanggal 2 Mei 2023, terkait 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, salah satunya pemberantasan narkoba. 

BACA JUGA:Bawaslu Bangka Buka Lowongan 911 Petugas Pengawas TPS, Honor 1 Juta

“Ini komitmen kami dalam mewujudkan Lapas Pangkalpinang Bersih dari Narkoba (BERSINAR),” tegas Badarudin.

Senada, Mulya Nopriansyah menjelaskan, dengan adanya kegiatan rutin ini dapat menjadi sarana kontrol kepada warga binaan agar tidak terlibat dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba. 

“Tes urine ini sebagai sarana kontrol kami sebagai petugas sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika 2020-2024,” jelasnya.

BACA JUGA:Gawat Spurs, Romero Absen Sebulan

Sementara itu, Muhamad Irfani menambahkan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan staekholder terkait, dengan hadirnya perwakilan TNI maupun Polri untuk melaksanakan sambang patroli dalam rangka pemantauan dan peningkatan kewaspadaan menjelang tahun baru di Lapas Pangkalpinang.

“Kami selalu bersinergi dengan Koramil Tamansari maupun Polsek Gerunggang untuk memastikan Lapas kami aman, terkendali dan kondusif,” tegasnya.

BACA JUGA:Imigrasi Pangkalpinang Terbitkan 15.666 Paspor Sepanjang 2023

Diakhir kegiatan, Kepala Subseksi Keamanan, Aidil Fitriansyah menyebut, dari hasil tes urine yang telah dilakukan, 15 warga binaan Lapas Pangkalpinang dinyatakan negatif narkoba. Katanya, kegiatan ini akan terus berlanjut untuk memastikan Lapas Pangkalpinang Zero Narkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: