Arsari Tambang Sukses Rehabilitasi DAS Sungai Sembulan Kerakas

Arsari Tambang Sukses Rehabilitasi DAS Sungai Sembulan Kerakas

Harwendro Adityo Dewanto --Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Arsari Tambang PT Mitra Stania Prima telah melaporkan rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) di Kawasan Hutan Produksi Sungai Sembulan Desa Kerakas Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Simbolis serah terima laporan ini dilakukan Direktur Utama PT Mitra Stania Prima Aryo Djojohadikusumo beberapa waktu lalu.

Direktur Operasional PT MSP Harwendro Adityo Dewanto mengatakan rehabilitasi DAS menjadi bagian penting dalam pengelolaan tata kelola penambangan yang baik dan benar. 

Perusahaan sedari awal sudah berkomitmen untuk menjalankan operasional pertambangan dengan mematuhi peraturan-peraturan yang mengedepankan pengelolaan lingkungan yang ramah dan bersahaja.

BACA JUGA:Cerita Mahasiswa Magang UBB: Terima Kasih Arsari Tambang

DAS Sungai Sembulan merupakan proyeksi rehabilitasi yang telah selesai dilakukan manajemen perusahaan.

Luasannya sekitar 27 hektar dan saat ini kondisinya sudah sangat baik dengan berbagai jenis tanaman di antaranya jambu mete, cemara udang dan lainnya yang telah menghijau.

"Reklamasi dan rehabilitasi lahan itu penting agar lahan-lahan eks penambangan bisa kembali produktif dan memberi manfaat kepada masyarakat,” kata Harwendro.

Rehabilitasi DAS kata Harwendro, memiliki peran penting dalam proses memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi DAS.

Dan biasanya pada kawasan rehabilitasi DAS akan ada penanaman di dalam dan di luar kawasan hutan yang merupakan kewajiban pemegang izin usaha.

BACA JUGA:Arsari Tambang Peduli Pendidikan Gandeng UBB dan Polman Babel

Sedangkan untuk pengelolaannya akan diserahkan kepada kelompok masyarakat sekitar sehingga ada dampak positif yang dirasakan dan dikembalikan kepada masyarakat.

"Masyarakat setempat yang mengelola ini (lahan rehabilitasi DAS). Mereka juga yang akan menerima manfaat dari semua ini,” papar Harwendro.

Manager HRGA PT MSP Feby Ardian mengatakan reklamasi dan rehabilitasi DAS adalah wujud komitmen perusahaan yang merupakan bagian penting dalam proses tata kelola pertambangan yang ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: