Arsari Tambang Sukses Rehabilitasi DAS Sungai Sembulan Kerakas

Arsari Tambang Sukses Rehabilitasi DAS Sungai Sembulan Kerakas

Harwendro Adityo Dewanto --Yudi

Rehabilitasi DAS Kerakas adalah proyek pertama yang tentunya akan berlanjut ke rencana rehabilitasi dan reklamasi di beberapa wilayah operasional bekas pertambangan perusahaan di antaranya Mapur dan Tuing di Kabupaten Bangka. 

Pada lahan rehabilitasi DAS di Kerakas ditanami jambu mete dan beberapa jenis tanaman yang bernilai ekonomis dan produktif pada lahan bekas pertambangan. 

BACA JUGA:Arsari Tambang Kantongi ISO Integrated Management System

"Jambu mete itu terbukti tahan di lahan itu dan bernilai, ada juga tanaman lain. Kelompok tani lokal (Pasir Berkah II) yang mengelolanya,” sebut Feby.

Optimalisasi pengembalian fungsi lahan termasuk rehabilitasi DAS memang menjadi prioritas perusahaan. Dan yang lebih penting adalah menjaga eksistensi proses ini.

Sehingga fungsi utamanya kembali memberi arti dan manfaat pada masyarakat. Untuk menjaga kesuburan tanaman kata Feby biochar menjadi pilihan.

Biochar digunakan untuk bahan pembenah tanah. Fungsinya untuk menekan kehilangan unsur hara yang dapat menjadi bahan pencemar di badan air atau menjaga kelembapan tanah.

Biochar dibuat kelompok tani lokal dengan menggunakan bahan baku tempurung kelapa yang dibakar.

“Sejauh ini semuanya berjalan lancar. Biochar itu bukan pupuk tetapi berfungsi pembenah atau memperbaiki tanah (untuk tanaman),” papar Feby.(*)

BACA JUGA:Fase Awal Pembangunan Kantor Baru Arsari Tambang Tuntas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: