Pj Gubernur Safrizal Kumpulkan Pejabat Provinsi Membahas Ketahanan Pangan Masyarakat

Pj Gubernur Safrizal Kumpulkan Pejabat Provinsi Membahas Ketahanan Pangan Masyarakat

Ist/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA segera melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat struktural dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait dengan pangan diantaranya, Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Dispertan, Disperindag dan DKP Pemprov. Kep. Babel di Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel, Selasa (5/12/2024) 

BACA JUGA:Kepala Dinas Pendidikan Babel Sebut Peran PT Timah Tbk dalam Pendidikan Khusus

Pada pertemuan tersebut, Pj Gubernur Safrizal segera meminta kesiapan para OPD terkait untuk menindaklanjuti harga pangan yang melonjak saat ini, mengharuskan produktivitas pada sektor pertanian seperti cabai, beras dan bawang dijaga. Petani lokal harus dibina seoptimal mungkin dalam menjaga produktivitas hasil pertanian lokal. 

“Termasuk dalam mempekerjakan petani, jika terdapat kekurangan dalam pemberian insentif pada petani bisa digunakan,” ungkap Pj Gubernur Safrizal. 

BACA JUGA:Atasi Pengendapan Air, Sungai Coyan Bakal Dinormalisasi

Dalam pencapaian target program pertanian, Pj Gubernur Safrizal menjelaskan bahwa realisasi program pemerintah daerah kab/kota, harus diawasi oleh seorang ahli pada bidangnya yang dapat berasal dari internal pemerintah ataupun dari pihak ketiga/eksternal.

“Kita mau produksi sebanyak kekurangan pada kebutuhan kita. Maka dari itu mohon dibuatkan ploting kekurangannya, setiap ploting dibentuk timnya, lalu setiap dinas dapat berkontribusi seperti apa,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Truk Masih 'Mengular', Pertamina Jalin MoU Dengan BIN, DIsusul Polda dan Korem

Dalam pengolahan pasca panen, hasil panen seperti cabai bisa diolah kembali menjadi cabai kering, cabai basah, sebagian bisa didistribusikan ke pasar-pasar yang membutuhkan persediaan cabai langsung dari petani. Hal ini dapat dilakukan dalam upaya menjaga kestabilan harga dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Produk-produk cabai dapat dikemas sedemikian rupa dan dipromosikan terkait penggunaannya kepada masyarakat umum agar pemenuhan kebutuhan terhadap cabai bisa dioptimalkan. 

BACA JUGA:Truk Masih 'Mengular', Pertamina Jalin MoU Dengan BIN, DIsusul Polda dan Korem

Belanja benih diketahui masih menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar dalam urusan pertanian di Kep. Babel. Pj Gubernur meminta agar Dinas Pertanian Provinsi Kep. Babel berkoordinasi dengan pemerintah daerah kab/kota untuk dapat memberdayakan kelompok tani dalam penyediaan benih yang dibutuhkan. Pertanian di Kep. Babel diharapkan dapat mengoptimalkan produksi lokal terlebih dahulu ketimbang produksi dari hasil impor, dengan menciptakan beanding produk local agar dapat menjadi ciri khas Provinsi Kep. Babel.

Pj Gubernur Safrizal mengungkapkan juga akan segera bertemu langsung dengan kepala daerah kabupaten/kota untuk membahas lebih lanjut terkait sinkronisasi program ini. 

Penulis : Aliyah

Foto : Nabila

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: